Cara Sederhana Pemasaran Produk Efektif Melalui Media Internet

Leave a Comment!
Sudah akrab dengan internet?

Jika iya, maka internet selain dapat menjadi sarana komunikasi yang baik namun juga dapat difungsikan sebagai salah satu media pemasaran yang paling efektif. Mengingat kendala waktu dan tempat telah disirnakan oleh hadirnya fasilitas berbasis dunia maya tersebut maka batasan-batasan untuk pengembangan objek pemasaran juga semakin menipis. Sudah saatnya bagi anda untuk mulai sadar akan kemudahan dan efektivitas yang ditawarkan oleh media maya ini.

Memasarkan produk anda semakin mudah. Berikut adalah tips-tips sederhana yang dapat anda gunakan sebagai cara atau strategi pemasaran anda menggunakan fasilitas berbasis internet :
  • Buatlah Pusat Pemasaran Produk Anda. Terlebih dahulu anda lebih baik menentukan di mana dari sekian banyak fasilitas dunia maya sebagai pusat anda meletakkan info lengkap tentang produk-produk yang akan anda pasarkan. Sebagai contoh : Social Media (Facebook), ataupun forum-forum yang sangat memungkinkan bagi anda untuk meletakkan segala info tentang produk anda (foto, spesifikasi produk, harga, dll). Pusat Pemasaran Produk anda ini akan berfungsi sebagai toko virtual anda secara sederhana.
  • Tentukan Sarana Media Penunjang Pemasaran. Setelah menentukan Pusat Pemasaran Produk anda maka langkah selanjutnya adalah menentukan sarana penunjang pemasaran anda, yang nantinya bersifat me-refer kepada media pusat pemasaran produk anda. Sebagai contoh adalah TWITTER, yang dimana bisa anda gunakan secara efektif untuk memberikan update info terbaru tentang produk-produk anda serta me-refer kan kepada akun tempat Pusat Pemasaran Produk anda. Sarana media penunjang ini akan menjadi media sales anda yang mengarahkan konsumen ke toko virtual anda.
  • Update info-info Terbaru. Selalu up to date dengan info-info sarana media berbasis internet lainnya yang memungkinkan untuk difungsikan sebagai sarana marketing anda.
  • Bergabunglah dalam Forum-forum dengan tingkat trafik tinggi. Forum-forum dengan tingkat trafik pengunjung yang tinggi merupakan lahan marketing yang sangat bagus bagi anda. Pasarkan lah produk anda di forum tersebut dengan sopan kepada orang-orang yang berpotensial akan membeli produk anda tersebut.
  • Rajin melakukan searching baik dengan search engine browser anda, maupun dalam forum-forum tempat anda bergabung. Selalu lakukan sistem jemput bola, media internet dengan semua kemudahan yang diberikan juga mempunyai satu kelemahan yaitu dapat mematikan pengetahuan/awareness konsumen terhadap produk anda apabila produk anda masih belum terlalu mempunyai branding yang kuat atau bukan merupakan produk unggulan. Jangan berdiam dalam satu toko virtual tapi bergeraklah mencari orang-orang yang membutuhkan produk anda tersebut.
  • Lakukan kerjasama dengan beberapa toko virtual lainnya. Selayaknya di dunia nyata, akan lebih baik bagi anda untuk menambah 1 teman daripada 10 musuh, lakukan kerjasama dengan toko-toko virtual lainnya untuk saling mendukung dalam sistem pemasaran produk masing-masing. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan dalam sistem kerjasama tersebut, sebagai contoh dengan pertukaran iklan toko virtual.
  • Jangan berhenti belajar! Internet atau dunia maya sangatlah cepat berkembang begitu pula dengan software, program, dan aplikasi yang ditawarkan. Untuk mendukung pemasaran produk anda maka anda juga harus terbuka akan perkembangan yang ada. Gunakan semua fasilitas internet yang bisa anda gunakan untuk menunjang pemasaran anda. Sebagai contoh: Youtube sebagai medio pencari iklan yang dapat anda gunakan dalam toko virtual anda untuk menampilkan produk yang anda jual (apabila produk anda merupakan produk retail/mudah didapatkan).


Masih banyak lagi teknik-teknik pemasaran yang dapat anda terapkan di dunia maya yang sebagian besar adalah teknik-teknik dasar di dunia nyata yang dapat anda implementasikan dalam pemasaran melalui dunia maya, hanya tergantung dari bagaimana cara anda mengadaptasi-nya dengan menggunakan segala instrument berbasis internet tersebut.

Kemampuan dunia maya untuk mendukung marketing sangat kuat, jadi pergunakanlah apa yang ada dan jangan pernah berhenti belajar. Salam Sukses.

OLeh : Kevin Wahyono

Related Posts : basis , dunia , fasilitas , forum , info , internet , kevin wahyono , marketing , maya , media , pemasaran , penunjang , produk , pusat , sarana , toko , trafik , update , virtual

Sebulan Terakhir