Google Docs: Penyedia Hard Disk Online Gratis

Leave a Comment!
Tak banyak pemilik akun Gmail yang mengetahui, bahwa salah satu keuntungan yang didapatnya dengan memiliki akun Gmail adalah ia memiliki hard disk gratis. Anda tidak percaya? Silakan ikuti petunjuk yang penulis jelaskan di dalam artikel ini.

Hard disk gratis yang diberikan Google dengan memiliki akun Gmail adalah Google Docs. Di Google Docs Anda bisa menyimpan file-file Anda dengan gratis. Sungguh, ini sangat memudahkan Anda. Apalagi, jika Anda termasuk penulis.

Di mana Anda waktu kosong, lalu tulisan Anda belum selesai, maka Anda bisa menyimpannya di Google Docs. Begitu Anda online di tempat lain, meski dengan laptop yang berbeda sekalipun, Anda tetap bisa membuka file yang disimpan dan melanjutkan menulis. Beruntung sekali menyimpan file di Google Docs.

Berapa Besar Hard disk Google Docs?

Sebagaimana telah dijelaskan, bahwa Google Docs adalah hard disk online, maka ia memiliki kapasitas. Menurut penulis buku “Google is My Office!”, Dwi Suwiknyo, Google Docs memiliki kapasitas penyimpanan file sekitar 500 KB dalam format HTML files dan Plain Text (.txt), Microsoft Word (.doc, .docx), Rich Text (.rtf), OpenDocument Text (.odt) dan StarOffice (.sxw).

Sedangkan untuk file presentasi dalam format seperti Microsoft Power Point (.ppt, .pps) sebesar 10 MB dari komputer, 2 MB dari web, dan 500 KB jika via email. Sedangkan untuk file dalam format PDF bisa menyimpan 10 MB. Sungguh, Google Docs sangat bermanfaat bagi para penulis atau siapa saja yang ingin memiliki hard disk gratis.

Daripada Anda membeli hard disk eksternal, jika file yang disimpan kebanyakan menggunakan format microsoft word, maka lebih baik memanfaatkan Google Docs. Hanya saja, keberadaan hard disk online gratis ini belum memasyarakat. Sehingga, cukup banyak yang tidak mengetahuinya.

Bagaimana Cara Meng-upload File?

Setelah tahu besarnya kapasitas hard disk online yang diberikan melalui Google Docs, saatnya kita mempelajari bagaimana cara mengupload filenya. Karena terlalu banyak keterangan tentang keuntungan Google Docs juga tidak begitu baik. Lebih baik, bila Anda langsung membuktikannya.
  1. Bukalah situs Google, baik Anda pakai google.co.id ataupun google.com
  2. Jika Anda memilih google.co.id, maka akan terbuka jendelanya. Carilah kolom yang bertuliskan selengkapnya.
  3. Setelah terbuka, maka carilah opsi pilih yang bertuliskan document, kemudian klik-lah.
  4. Setelah terbuka, Anda akan diminta untuk memasukkan account Gmail. Yaitu, username dan password, lalu tekan tombol enter pada keyboard Anda.
  5. Sekarang Anda sudah berada di halaman Google Docs. Anda sudah bisa meng-upload file-file yang ingin disimpan. Caranya, klik tulisan Upload, lalu pilih opsi file.
  6. Setelah itu, kliklah tombol browse untuk mencari file yang ingin Anda simpan.
  7. Biar lebih cepat, di jendela ‘look in’ cari di mana file Anda di simpan, setelah ketemu kliklah tombol ‘open’.
  8. Akan muncullah keterangan data yang bakal di-upload, bersamaan juga akan keluar jendela yang bertuliskan start upload. Maka kliklah tulisan tersebut, otomatis file akan di-upload.
  9. Nah, selesai Anda mengupload. Untuk mengetahui, apakah file yang diupload memang benar-benar sudah tersimpan di dalam hard disk online milik google atau tidak, Anda tinggal melihat nama file yang diupload tadi. Apakah ada atau tidak? Jika ingin melihat file tersebut bisa dibuka atau tidak, tinggal mengklik tulisan nama file yang diupload. Anda bakal melihat betapa untungnya menggunakan Google Docs.


Nah, selain Anda bisa menyimpan, Anda juga bisa mengirim file secara langsung dari Google Docs kepada teman Anda yang memiliki akun Gmail. Sungguh, semua ini menguntungkan Anda yang menjadi pemilik akun Gmail. Anda bisa bekerja di mana saja, khususnya penulis. Yang dibutuhkan adalah, ada atau tidaknya internet, plus koneksinya bagus atau tidak. Selamat mencoba!

Oleh: Rahmat Hidayat Nasution

Related Posts : akun , disk , docs , file , format , gmail , google , gratis , hard , jendela , kapasitas , mb , microsoft , online , penulis , rahmat hidayat nasution , text , tombol , tulisan , word

Sebulan Terakhir