Inilah Manfaat Blog

Leave a Comment!
Pernah membaca nama teman Anda lalu dibawahnya tertulis, misalnya www.paimin.blogspot.cm? Tahukah Anda bahwa teman Anda telah memiliki blog? Lantas, apakah Anda tak ingin memilikinya juga? Atau jangan-jangan Anda sendiri tak tahu apa fungsi blog? Jangan kecewa, di artikel ini akan dipaparkan kepada Anda apa manfaat blog.

Apa sih blog itu?

Blog sebenarnya adalah singkatan dari kata weblog. Ia merupakan website dengan memiliki ciri-ciri khusus. Yaitu, ia memiliki format seperti diary atau catatan harian yang bersifat online atau jurnal. Sehingga, setiap kali Anda memuat tulisan di dalamnya akan tercantum berdasarkan tanggal Anda memposting.

Barangkali Anda bertanya, apa bedanya dengan situs yang ada. Misalnya saat Anda membaca situs atau website normal seperti www.eramuslim.com. Jawabannya, dengan blog Anda bisa melakukan komunikasi dua arah, sedangkan website normal anda cenderung mendapatkan layakan broadcasting satu arah. Sehingga, Anda bisa dengan mudah berdialog langsung dengan penulis konten. Selain itu, dengan blog Anda bisa dengan mudah menambah konten dan gampang meng-upadatenya. Berbeda dengan situs atau website normal. Sehingga kelancaran Anda di dalam pempublikasian isi blog Anda nyaris sama dengan email.

Jadi, dengan blog Anda bisa mempublikasikan diri. Anda bisa menulis tentang pribadi Anda. Bisa juga menulis yang isinya tanggapan Anda mengenai berita atau kabar yang Anda liat. Dengan blog juga, Anda bisa melakukan bisnsis.

Manfaat Blog

Dengan mempunyai blog dan Anda sering meng-updatenya, maka Anda akan mendapatkan Empat manfaat.

  • Anda bisa membangun citra diri Anda.
    Jika Anda seorang yang gemar memancing, Anda bisa menuliskan di dalam blog Anda tentang apa yang anda ketahui tentang memancing. Ini membangun citra diri Anda menjadi seorang yang ahli dalam memancing. Karena tentunya cukup banyak orang yang punya hobi sama dengan Anda. Atau barangkali, ada seseorang yang ingin mengenal dunia mancing, maka Anda akan dijadikannya sebagai rujukan utama baginya.
  • Anda dikenal mesin pencari
    Manfaat mempunyai blog, bisa membuat Anda terkenal. Tak hanya dengan orang yang kenal dengan dan tahu alamat blog Anda saja. Mesin pencari seperti google, yahoo dsb. juga mengenal Anda. Apalagi, jika Anda selalu mengupdate blog Anda. Dengan blog, Anda gampang menjadi ‘selebritis’ dunia maya.
  • Anda pun bisa meraup uang
    Dengan memiliki blog, Anda pun bisa meraup uang. Bukan hanya rupiah, dolar pun bisa Anda raih. Sudah banyak contoh orang-orang yang kaya dengan memiliki blog. Misalnya saja Mbak Ahira. Ia menjadi kaya dengan memanfaatkan blog yang dimilikinya. Bahkan hanya dengan menggunakan google Adsense saja Anda sudah bisa mendapatkan uang. Luar biasa, bukan?
  • Anda pun akan dicari penerbit
    Dengan memiliki blog, lalu ada banyak pengunjung blog Anda. Ternyata, di antara mereka adalah penerbit buku. Bukan tidak mungkin tulisan-tulisan Anda yang ada diblog dibukukannya. Anda tidak perlu susah-susah membuat tulisan. Cukup dengan tulisan-tulisan Anda yang sudah dimuat. Inilah yang pernah dirasakan Raditya Dika, penulis buku Marmut Merah Jambu.

Dengan keempat manfaat blog ini saja, sudah membuat Anda tertarik ingin memiliki blog, bukan? Nah, jangan sia-siakan kemudahan berinternet namun Anda tidak memiliki blog. Pokoknya, jangan sampai Anda diledekin, “hari gini gak punya blog, Apa kata dunia?”.

Oleh : H. Rahmat Hidayat Nasution, Lc

Related Posts : blog , buku , catatan harian , citra , dunia , google , isi , kaya , konten , manfaat , mesin , normal , penerbit , penulis , rahmat hidayat nasution , situs , teman , tulisan , uang , website

Sebulan Terakhir