Kumpulan Jejaring Sosial Buatan Indonesia (1)

Leave a Comment!
Jejaring sosial sudah bukan hal baru dalam kehidupan ini. Facebook dan twitter contohnya, siapa sih yang belum mengenal dua akun jejaring sosial terbesar di dunia ini. Konon katanya, Indonesia adalah negara ke-empat pengguna facebook dan ke-lima pengguna twitter terbanyak di dunia. Tapi tahukah anda bahwa ternyata di Indonesia sendiri sudah lumayan banyak jejaring sosial yang dibuat oleh asli orang Indonesia. Namun dikarenakan kebanyakan masyarakat Indonesia lebih menyukai produk buatan luar negeri, alhasil eksistensi jejaring sosial buatan Indonesia tidak berkembang. Menurut penulis sendiri, jejaring sosial buatan Indonesia juga tidak kalah hebat dibanding dengan buatan luar negeri, hanya saja memang tingkat kefamiliaran terhadap jejaring sosial ini kurang begitu dikenal, sehingga banyak masyarakat tidak mengetahui akan adanya jejaring sosial buatan Indonesia itu. Nah, untuk memberi informasi akan hal itu, berikut penulis jelaskan beberapa jejaring sosial buatan Indonesia :

  • Kaskus
    Merupakan jejaring sosial terbesar di Indonesia didirikan oleh Andrew Darwis. Dari segi tampilan, fitur di dalamnya, sangat beda dan bukan campuran unsur-unsur jejaring sosial lainnya, sepertinya ini jejaring sosial khasnya Indonesia. Karena banyaknya pengguna jejaring ini, Kaskus sendiri banyak digunakan dalam jual-beli barang online. Dengan istilah panggilan ‘gan,sist’ kepada pengguna dan juga emoticon yang beda dari yang lainnya menambah keunikan pada jejaring ini.

    Di Indonesia jejaring sosial yang satu ini menempati urutan ke-7 situs yang paling banyak dikunjungi berdasarkan versi alexa.
  • Pulsk
    Jejaring sosial besutan mantan Leader Developer Kaskus bernama Rendy Bryanzah juga tak mau kalah dengan kesuskesan dari kaskus. Pulsk memfasilitasi pengguna untuk saling berinteraksi, bertukar informasi, menjadi wadah bagi pengguna menambah ilmu pengetahuan. Artikel-artikel menarik ditampilkan dalam tampilan awal situs. Tampilannya sendiri berbentuk Majalah dinding Virtual jadi setiap berita populer ditampilkan sejajar dengan berita populer lainnya.
  • SalingSapa
    Pemilik jejaring jejaring sosial ini adalah Muhammad Yahya Harlan seorang siswa SMP asal Bandung. Tampilan jejaring sosial Salingsapa mirip dengan tampilan pada facebook dan fiturnya juga ada seperti upload foto, share status, beranda dll. Salah satu yang membedakannya, nuansa pada jejaring sosial ini lebih ke-islami seperti tampak fitur-fitur tambahan di dalamnya aplikasi Al-Qur’an, Khazanah (rekaman ceramah ulama).
  • Kongkoow
    Fasilitas Multimedia lebih terasa pada jejaring sosial ini, fitur musik, video, foto, film, game, blogging, bisa dipergunakan dengan mudah, jadi para pengguna bisa menikmati fasilitas hiburan yang bikin bersosial media tidak ngebosenin.
  • Twoo
    Jejaring sosial ini cocok untuk anda ingin mencari teman baru, sebagian pengguna malah memanfaatkannya untuk mencari pasangan. Tampilan fitur di dalamnya anda akan diperlihatkan dengan banyak foto-foto teman baru yang ingin anda ajak kenalan. Jika diteliti sekilas tampilan pada jejaring Twoo ini seperti gabungan facebook dan friendster.
  • FUPEI
    FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesia) sesuai dengan kepanjangannya jejaring ini memang diperuntukkan untuk muda-mudi Indonesia dalam mencari teman, sahabat. Fitur-fitur di dalamnya : Shoutbox (tempat mengirim pesan), chattingan, musik, video, foto, games, kalendar, dan masih banyak lagi
  • Kitaberbagi.com (kiber)
    Pengertian yang terdapat pada situsnya, yaitu merupakan aplikasi di mana kita dapat berbagi dalam sesuatu hal dengan teman, keluarga atau relasi sehingga memudahkan dalam menjalin silaturahmi. Hal yang unik pada jejaring ini pengguna dapat mengganti tampilan pada akun kiber-nya, dan terdapat forum untuk berdiskusi bersama.
  • MyPulau
    Tampilan awal situs ini menggambarkan peta indonesia dengan pulau-pulaunya, sesuai dengan namanya Mypulau. Ini merupakan jejaring sosial besutan dari operator telkomsel namun begitu tak hanya pengguna telkomsel saja yang dapat menikmatinya. Seperti halnya jejaring sosial lainnya, di sini tetap ada fitur untuk berbagi, menambah teman, join ke komunitas dan banyak lagi yang menarik.
  • Kombes
    Salah satu jejaring sosial yang dapat menghasilkan uang dari kelebihan pengguna menyediakan tempat iklan pada akunnya. Jejaring sosial yang mempunyai beragam aplikasi untuk berinteraksi menjadi daya tarik pada jejaring sosial ini, misalnya : im chat, chat room, forum, Sosial book marking, share file dan beragam aplikasi lainnya.
  • Adandu
    Adandu jejaring sosial yang lebih mengedepankan layanan dalam hal video dengan segala fiturnya. Terdapat fitur pencarian video seperti halnya dengan you tube. Walaupun begitu di sisi lain fitur sharing file juga tetap bisa digunakan. Jadi bagi yang ingin mencoba menikmati aplikasi multimedia dengan gaya yang baru, Adandu bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda.

Oleh : Roma Doni

Related Posts : adandu , akun , aplikasi , buatan , facebook , fitur , indonesia , jejaring , kaskus , luar negeri , pengguna , pulsk , roma doni , salingsapa , share , situs , sosial , tampilan , teman , video

Sebulan Terakhir