Mengenal Cloud Computing

Leave a Comment!
Pernah mendengar tentang istilah Cloud Computing?

Apakah itu Cloud Computing?

Masih berkaitan dengan era globalisasi yang terus membumi di semua kalangan di seluruh dunia, ditandai dengan semakin besarnya pengguna/pengakses internet dunia. Kekuatan media maya / internet sudah tidak dapat dipungkiri lagi seakan mendarah daging di dalam benak sebagai media tanpa batas.

Tingkat intensitas penggunaan yang semakin tinggi akan lebih baik apabila bagi anda mengimbangi dengan pengetahuan yang tepat interpretasi yang tepat baik dari segi konsep dan penggunaaan dari masing-masing fungsi dan keuntungan yang ditawarkan oleh internet tersebut.

Cloud Computing?

Cloud computing merupakan sebuah perkembangan teknologi berbasis internet (Internet-based Technology / Internet-based Computing Model) yang pada umumnya menggunakan sebuah server sebagai pusat dari segala kegiatan computing mereka, berfungsi untuk menjaga dan mengatur segala bentuk data dan aplikasi. Di mana Cloud Computing ini memberikan akses bagi para penggunanya untuk menggunakan aplikasi-aplikasi mereka tanpa harus bagi para pengguna untuk melewati proses download dan instalasi software-software tertentu atau bahkan membeli aplikasi/software tertentu, dan juga memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses data dan aplikasi mereka dimana saja hanya cukup dengan menggunakan akses internet.

Teknologi ini selain memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses dimana saja namun juga merupakan suatu bentuk efisiensi terhadap waktu, namun juga memberikan ke-efektifan dari sistem komputasi sendiri dengan memusatkan media penyimpanan, memory, bentuk pemrosesan, dan bandwidth.

Terobosan teknologi / model computing seperti ini sebenarnya telah dimulai sejak cukup lama, namun siapa penemu pasti dari model teknologi ini masih diragukan. Cukup mengejutkan bahwa sebenarnya anda sendiri mungkin saja telah menggunakan salah satu dari media Cloud Computing selama ini. Berikut adalah beberapa contoh dari media Cloud Computing yang paling banyak digunakan oleh para pengakses internet dunia:
  • Yahoo.com, atau lebih spesifik lagi adalah Yahoo! E-mail.
  • Google.com, atau lebih spesifik lagi adalah G-Mail.
  • Hotmail.com


Dan masih banyak lagi media-media cloud computing lainnya yang mungkin telah anda gunakan selama ini.

Dari contoh-contoh media cloud computing yang diberikan di atas, dapat anda temukan sendiri bahwa anda sebagai pengguna sama sekali tidak perlu meng-install software atau aplikasi apapun yang berfungsi untuk mengatur atau menjaga semua data-data atau files pribadi anda, yang anda perlukan di sini hanyalah koneksi internet maka segala macam bentuk kegiatan mengatur data dan menjaga serta mengirim /transfer data telah dapat anda jalankan (dalam hal ini adalah e-mail). Server dan sistem pengaturan e-mail semua telah tercakup dalam satu ‘Cloud’ atau media internet, yang disini diatur oleh provider seperti Yahoo!, Google, dll.

Analogi yang bisa anda gunakan adalah : “Anda ingin sekali membeli baju ternama, maka hal apakah yang akan anda lakukan? Apakah anda akan membeli pabrik pembuatnya? Tentu yang akan anda lakukan adalah anda akan pergi ke gerai/outlet yang menjual produk baju tersebut kan.” Inilah konsep yang ditawarkan oleh Cloud Computing.

Masih banyak lagi yang dapat anda gali mengenai konsep dari Cloud Computing itu sendiri, dengan mempelajari konsep yang tepat maka anda pasti dapat mempergunakan teknologi dengan cara yang tepat juga. Jangan berhenti belajar! Dunia memang sangatlah luas.

Oleh : Kevin Wahyono

Related Posts : aplikasi , bentuk , cloud , computing , data , dunia , e-mail , google , internet , kevin wahyono , konsep , media , model , pengakses , pengguna , server , software , spesifik , teknologi , yahoo

Sebulan Terakhir