Online Shop Mudah? Part. 1

Leave a Comment!
Internet pada zaman ini bukanlah menjadi sesuatu yang asing lagi bagi mayoritas populasi manusia di dunia ini. Sebuah inovasi teknologi informasi yang menjadi salah satu aspek yang telah mengubah peradaban baik dalam aspek bisnis maupun aspek lainnya menuju ke era yang lebih maju. Dengan perkembangan yang cukup pesat, menyebabkan penggunaan dari media internet (online) ini menjadi sangat friendly atau mudah digunakan oleh kebanyakan orang. Dan tentu saja sebagai motor penggerak tren bisnis terbaru, internet merupakan sarana yang sangat vital bagi mayoritas pebisnis baik pemula maupun yang telah lama menguasai pasar (market leader). Begitu pula dengan ditemukannya social media online pertama kali berupa friendster dan facebook dan masih banyak lagi lainnya, menyebakan jaringan konektivitas dari masing-masing individu pelaku bisnis semakin mudah untuk dijalain. Namun, apakah penjaringan koneksi ini cukup bagi kalian yang ingin mendirikan suatu bisnis?

Online Shop sebuah lini bisnis yang berbasis e-commerce yang saat ini memiliki trend positif di hampir semua kalangan masyarakat terutama di Indonesia. Jumlah daripada pebisnis online shop ini pun juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Semakin menjamurnya online shop ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena semakin mudahnya (user-friendly) platform-platform yang ditawarkan oleh para webmaster-webmaster serta website-website penunjang perangkat pembentuk online shop, dan tentunya semakin meningkatnya competition rate yang disebabkan oleh begitu banyaknya kompetitor pasar yang berada di pasar juga akan berbanding sejajar dengan menurunnya price dari produk/jasa yang ditawarkan. Online Shop pun semakin meningkat jumlahnya karena kemudahan yang ditawarkan serta fasilitas yang ditawarkan pun juga semakin beraneka ragam.

Lalu pertanyaannya adalah Apakah mereka para pemilik online shop tersebut bertahan lama?

Tidak ada angka pasti yang dapat menggambarkan berapa banyak online shop owner yang akhirnya memilih untuk menutup online shop mereka dan beralih ke lini bisnis yang lainnya, serta berapa banyak online shop yang merugi. Apakah anda termasuk salah satunya?

Online Shop seringkali karena kemudahan platform yang ditawarkan oleh webmaster serta kemudahan yang ditawarkan dari pebisnis lainnya yang berperan sebagai supplier dari produk yang anda jual dengan berupa janji bisa dilakukan tanpa modal, menyebabkan para online shop owner melupakan aspek-aspek penting dalam bisnis, seperti dasar-dasar akuntansi dan aspek manajerial lainnya. Sementara pengertian tentang aspek dan ilmu marketing yang minim juga membuat ide dan konsep yang ditawarkan pun semakin kabur dan tidak fokus. Hal inilah yang membuat pola dari para pebisnis online shop semakin menghilang sehingga bagi anda yang belum siap pun hanya akan mengalami kerugian baik dari segi material maupun waktu. Free not always good.

Oleh : Kevin Wahyono

Related Posts : aspek , bisnis , facebook , friendster , internet , kemudahan , kevin wahyono , kompetitor , lini , mayoritas , media , online , owner , pasar , pebisnis , platform , produk , shop , user-friendly , webmaster

Sebulan Terakhir