Online Shop Mudah? Part. 2

Leave a Comment!
Lalu apakah yang perlu anda siapkan sebelum memulai membuka online shop anda sendiri sehingga meminimalir kerugian yang akan anda raih di masa depan? Berikut adalah sedikit pandangan mengenai ‘bekal’ yang harus anda pikirkan dan anda persiapkan sebelum memulai online shop professional anda:
  1. Online Shop tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah TOKO, hanya saja berbasis online atau berada di dunia maya. Maka tentu saja yang perlu anda pelajari adalah manajerial toko. Penggunaan dasar Stock Management yang baik, serta basis manajemen toko lainnya merupakan modal penting bagi anda yang ingin membuka online shop anda sendiri.
  2. Akuntansi. Perlu bagi anda untuk tetap mempelajari dasar-dasar dari akuntansi seperti jurnal umum, neraca, laporan laba rugi, dan yang lainnya akan sangat membantu bagi anda untuk mengatur keuangan serta mengetahui alur dari uang anda (cashflow). Melihat begitu banyaknya pelaku bisnis online shop yang tidak mengetahui tingkat profit yang telah dimiliki olehnya serta memiliki sistem pengaturan keuangan yang sangat buruk.
  3. Kepegawaian. Bagi anda yang mempertimbangkan merekrut pegawai untuk memperkuat daya saing online shop anda, sangat penting pula bagi anda untuk mengetahui standard gaji serta dasar-dasar kepegawaian terutama dalam hal sistem pemberian gaji begitu pula aspek kepegawaian lainnya.
  4. Marketing. Siapkan marketing plan yang maksimal untuk setiap bulannya, dengan mengetahui target dan plan yang dipersiapkan dapat memberikan feedback bagi kinerja anda dalam setiap bulan langkah yang anda ambil.
  5. Mindset. Seorang pebisnis adalah seorang yang tahan banting, seseorang yang penuh dengan inovasi. Siapkan ide-ide segar sebagai dasar keunikan dari online shop anda.
  6. Bentuk saluran Distribution Channel yang baik, saluran distribusi yang baik dan terarah merupakan kunci dari kesuksesan sebuah toko begitu pula Online Shop. Penting bagi anda untuk menggali sebanyak-banyaknya Distribution Channel yang anda miliki.
  7. Partnership. Merupakan optional. Adalah salah satu opsi yang dapat anda ambil bagi anda yang ingin memiliki online shop dengan skala besar, dan tentu saja membutuhkan modal yang besar. Pelajari dasar-dasar menjalin partnership yang baik dan menguntungkan, baik dari dasar penyusunan kontak dan profit sharing serta aspek-aspek pendukung lainnya.
  8. Target. Siapkan target-target yang harus dicapai oleh online shop anda berdasarkan dari data-data yang telah anda miliki terutama data keuangan serta data-data pendukung lainnya. Sehingga langkah-langkah yang anda ambil tidak akan terbuang percuma terutama untuk langkah-langkah dengan tingkat cost yang cukup tinggi.
  9. Bijaklah dalam setiap penggunaan uang/modal anda. Seringkali seorang pelaku bisnis online shop tanpa sengaja meletakkan modal usaha dan keuangan pribadi dalam satu wadah yang sama, hal ini harus dihindari. Mengingat anda tidak akan menginginkan langkah bisnis anda terhambat karena pengeluaran yang tidak terduga.


(Tips tambahan : Selalu sisakan dana khusus untuk marketing dari omset bulan sebelumnya, dapat berupa persentase dari tingkat omset)

Masih akan ada begitu banyak tips-tips dan pola pandang lainnya yang dapat anda temukan, perlu anda ketahui bahwa suatu bisnis yang hebat memerlukan waktu untuk berdiri, maka dari itu kesabaran anda sangat dibutuhkan. When you have some reasons to stop, find reasons to walk.

Oleh : Kevin Wahyono

Related Posts : akuntansi , basis , channel , dasar , data , kepegawaian , keuangan , kevin wahyono , langkah , marketing , modal , omset , online , partnership , pelaku bisnis , plan , profit , saluran , shop , toko

Sebulan Terakhir