Real Store VS Online Store Sebagai Opsi Tempat Belanja Anda I

Leave a Comment!
Pernahkah anda berbelanja di Online Store (Online Shopping)? Apakah anda merasakan perbedaan antara berbelanja di toko online (Online Store) dengan di toko fisik (toko berwujud / real stores)?

Di era perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini dunia maya sudah bukan lagi sesuatu yang asing bagi masing-masing individu, ditandai dengan semakin melonjaknya tingkat pengguna internet baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Kekuatan dari dunia maya sendiri dalam menjangkau masing-masing personal individu tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu dapat difungsikan dalam banyak hal, termasuk difungsikan sebagai instrument pemasaran (marketing) efektif. Dengan dapat di-fungsikannya dunia maya sebagai salah satu instrument pemasaran (marketing) maka muncullah konsep Toko Online (Online Shop) sebagai salah satu bentuk perwujudan konsep baru pemasaran online. Yang tentunya konsep baru ini terkadang menimbulkan perdebatan tersendiri di kalangan konsumen, berikut masing-masing pihak ada yang melihat positif konsep ini dan ada beberapa kalangan yang menganggapnya sebagai suatu konsep yang kurang sempurna.

Berikut adalah berbagai bentuk kelebihan dan kekurangan dari berbagai aspek yang pada umumnya mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk baik melalui toko online (online store) dan toko fisik (real store):
  • Harga (Price)
    • Toko Online (Online store) : Cenderung lebih murah daripada toko fisik (real store), disebabkan karena toko online (online store) tidak membutuhkan tempat secara fisik, tidak perlu membayar pajak serta tidak membutuhkan karyawan/pegawai dalam jumlah yang banyak bahkan terkadang beberapa toko online (online store) hanya membutuhkan 1 orang untuk mengelola toko online tersebut, sehingga variabel-variabel seperti pajak, penyusutan peralatan dan biaya gaji pegawai tidak akan termasuk di dalam penentuan harga produk (product pricing) mereka.
    • Toko Fisik (real store) : Cenderung lebih mahal daripada toko online (online store) disebabkan oleh karena toko fisik (real store) memiliki beban-beban seperti biaya sewa tempat, pajak, serta biaya gaji pegawai yang akan sangat mempengaruhi dalam penentuan harga produk (product pricing) mereka. Namun pada beberapa kondisi memang ada beberapa toko fisik (real store)yang memiliki harga lebih murah daripada toko online (online store) disebabkan karena mereka merupakan produsen utama dari produk tersebut.
  • Segi Kecepatan pelayanan (menanggapi pertanyaan, kritik dan saran)
    • Toko Online (Online store) : Cenderung lebih lambat dalam segi pelayanan, customer akan dihadapkan pada beberapa media penghubung dengan pengurus toko online (online store), pada umumnya e-mail dan forum chat, bahkan beberapa toko online (online store) memberlakukan sistem hotline number untuk memberikan respon tercepat mereka dalam menanggapi pertanyaan customer, namun tetap saja akan ada sedikit waktu tertunda dikarenakan menunggu tanggapan dari pengurus, seperti e-mail yang tidak terbaca, nomor telepon yang terkadang tidak dapat dihubungi. Bahkan ada beberapa kasus toko online (online store) yang menanggapi pertanyaan customer cukup lama.
    • Toko Fisik (real store) : Lebih cepat dikarenakan adanya kontak langsung antara buyer dan seller, sehingga informasi akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat daripada melalui media penyampaian lainnya.
  • Segi kenyamanan (convinience factor)
    • Toko Online (Online store) : Toko Online (Online store) memiliki keunggulan dengan mudahnya bagi anda untuk mengakses mereka, anda tidak perlu meninggalkan zona nyaman anda di rumah untuk membeli dan memilih barang yang ingin anda beli. Toko Online (Online store) sendiri juga memberikan berbagai macam bentuk fasilias untuk meningkatkan kenyamanan anda berbelanja seperti aplikasi online shopping cart yang memudahkan anda untuk menata produk-produk yang anda beli.
    • Toko Fisik (real store) : Dari segi kenyamanan, Toko Fisik (real store) terkadang tidak memberikan kenyamanan yang dicari oleh customer, terutama pada beberapa tanggal tertentu yang dimana akan sangat penuh sesak dengan pengunjung yang lainnya, space tempat yang kurang memadai untuk menampung meningkatnya level pengunjung yang datang akan memberikan ketidaknyamanan bagi anda. Begitu pula dengan harusnya anda menempuh jarak tertentu untuk mencapai lokasi penjualan, baik dari segi tenaga dan waktu Toko Fisik (real store) masih berada di bawah Toko Online (Online store).


Bersambung ke Real Store VS Online Store Sebagai Opsi Tempat Belanja Anda II

Oleh : Kevin Wahyono

Related Posts : belanja , customer , e-mail , fisik , harga , instrument , kenyamanan , kevin wahyono , konsep , maya , online , pemasaran , pricing , product , produk , real , segi , shopping , store , toko

Sebulan Terakhir