Real Store VS Online Store Sebagai Opsi Tempat Belanja Anda II

Leave a Comment!
  • Segi pengenalan produk (product recognizing)
    • Toko Online (Online store) : Toko Online (Online store) memberikan banyak sekali media yang dapat anda gunakan sebagai referensi dari produk yang anda beli, sebagai contoh product review yang ditulis oleh orang lain, product rating, dsb. Sehingga anda akan benar-benar tahu produk apa yang anda beli baik dari segi harga, spesifikasi, kualitas, dsb. Namun, satu kekurangan dari Toko Online (Online store) adalah anda tidak dapat melihat produk tersebut secara langsung sehingga apabila anda membeli suatu produk yang membutuhkan penyesuaian dengan fisik anda (sepatu, baju, dsb) akan sangat merepotkan dikarenakan anda harus mengetahui ukuran fisik anda sendiri.
    • Toko Fisik (real store) : Dapat dipadu-padankan dengan media online seperti mencari referensi dari produk yang akan anda beli melalui media online, lalu membelinya di Toko Fisik (real store). Kelebihan dari Toko Fisik (real store) ini adalah bahwa produk akan anda lihat secara langsung sehingga anda benar-benar mengetahui keadaan produk secara ri-il.
  • Segi Variasi Produk (Product Variety)
    • Toko Online (Online store) : Pada umumnya Toko Online (Online store) akan menawarkan lebih banyak variasi produk bagi anda, disebabkan karena jaringan yang luas dan tanpa batasan, sehingga terkadang akan sangat mudah bagi anda menemukan produk-produk yang mungkin tidak akan anda temukan di Toko Fisik (real store).
    • Toko Fisik (real store) : Memiiki variasi produk yang standard, dan masih jauh lebih sedikit daripada Toko Online (Online store).
  • Segi pengiriman (Delivery)
    • Toko Online (Online store) : Tergantung dari Toko Online (Online store) yang anda tuju, beberapa Toko Online (Online store) memberikan pelayanan yang cukup cepat dengan durasi waktu 1 hari maka barang sudah dapat anda terima (tergantung dari agen pengiriman yang mereka pergunakan)
    • Toko Fisik (real store) : Jauh lebih cepat daripada Toko Online (Online store), anda bayar hari ini maka barang hari ini sudah menjadi milik anda dan siap untuk anda pergunakan dan membawanya pulang.
  • Segi pembayaran
    • Toko Online (Online store) : Toko Online (Online store) memberikan banyak sekali alternatif media pembayaran bagi anda (Cash, Paypal, LR, Transfer Payment. dsb). Sehingga akan sangat mudah bagi anda memilih media pembayaran yang dapat anda gunakan.
    • Toko Fisik (real store) : Toko Fisik (real store) memiliki media alternatif pembayaran yang cenderung lebih sedikit daripada Toko Online (Online store), pada umumnya adalah debet card, credit card, dan cash saja.
  • Segi Pengembalian Produk (After sales service)
    • Toko Online (Online store) : Pada umumnya memiliki peraturan yang cukup tidak menguntungkan customer dalam segi pengembalian produk apabila terjadinya kecacatan pada saat diterima. Jadi bacalah terlebih dahulu regulasi yang mereka terapkan secara cermat sebelum melakukan transaksi.
    • Toko Fisik (real store) : Pada umumnya memberikan kemudahan bagi customer untuk mengembalikan produk yang mengalami kerusakan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.


Dan masih ada lagi beberapa faktor lainnya yang mungkin akan anda temui mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing baik Toko Online (Online store) maupun Toko Fisik (real store).
Mengenai aspek keamananan,
Pada hakikatnya baik Toko Online (Online store) maupun Toko Fisik (real store) memiliki tingkat resiko yang sama (equal) disebabkan karena tingkat dan modus-modus penipuan dari setiap toko yang umum dijumpai juga hampir sama, sehingga sangat penting bagi anda untuk tetap waspada dan mengenal seluk beluk dari masing-masing konsep tersebut berikut celah-celah penipuan yang dapat anda temui. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman penting juga bagi anda untuk mengkolaborasikan kedua konsep tersebut sehingga memberikan bagi anda formula ‘berbelanja’ yang tepat, tergantung dari persepsi dan tipikal customer seperti apakah anda sekarang. Jadilah konsumen yang cerdas. Selamat berbelanja.

Oleh : Kevin Wahyono

Related Posts : belanja , card , cash , customer , fisik , kelebihan , kevin wahyono , media , online , pembayaran , pengembalian , penipuan , product , produk , real , referensi , segi , store , toko , variasi

Sebulan Terakhir