Tips Berbelanja Online Secara Aman dan Menyenangkan

Leave a Comment!
Belanja Online?

Pasti sebagian besar dari anda pernah melakukan ini. Membuka forum-forum jual beli, website toko-toko online, ebay, dll untuk melihat dan mencari produk yang anda dambakan. Berbelanja online memang sangat menyenangkan di samping karena waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi yang sangat singkat serta hanya perlu duduk saja ditempat maka semuanya beres, tapi juga karena begitu banyak pilihan produk dan tawaran-tawaran menarik yang dapat anda terima yang cukup menyenangkan.

Tapi, tunggu dulu… ternyata masih begitu banyak sekali keluhan-keluhan dari para pe-belanja online, disebabkan karena begitu banyaknya ‘scamming’ atau penipuan online serta pelayanan yang sangat tidak professional dari toko-toko online yang memang tidak dapat dipungkiri bahkan seorang anak umur SD pun sekarang sudah bisa membuka sebuah toko online sendiri. Berikut adalah tips-tips yang mungkin bisa anda terapkan dalam aktivitas belanja online untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas anda tersebut:
    Bekali diri anda dengan product knowledge dari produk yang akan anda beli. Penting bagi anda sebagai customer/buyer untuk menjadi seorang buyer yang pintar, yang dalam artian memiliki pengetahuan dasar dari produk yang akan anda beli (terutama untuk barang-barang elektronik, dan barang-barang lain yang memiliki spesifikasi dan ciri tertentu). Caranya, bisa dengan anda searching by Google dengan keyword nama produk yang anda cari.

  • Cari website/toko online/seller yang menjual produk yang anda inginkan. Lakukan terlebih dahulu survey terhadap beberapa toko online/seller yang menjual produk yang anda cari, usahakan anda memiliki paling tidak 3 toko online dalam daftar anda sebagai pembanding dan sebagai alternatif lain apabila salah satu dari toko online tersebut tidak dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Caranya bisa dengan melakukan searching by Google ataupun dengan memasuki forum-forum jual beli yang ada.


  • Ketahuilah terlebih dahulu reputasi dari toko online/ seller yang anda tuju. Penting bagi anda untuk terlebih dahulu mengetahui reputasi dari toko online/seller yang terlibat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda terapkan:
    • Cek testimonial yang ada. Beberapa toko online/seller menyediakan sebuah album atau space tersendiri untuk testimonial dari customer-customer yang pernah bertransaksi dengan mereka. Anda bisa coba menghubungi salah satu dari customer mereka melalui layanan apapun yang bisa anda gunakan untuk secara langsung menanyakan kredibilitas dari toko online tersebut. Mengingat testimonial yang banyak sekarang bukanlah jaminan bagi kredibilitas dari toko online/seller tersebut.
    • Cek segala macam data pribadi yang diberikan oleh toko online/seller tersebut. Setiap data pribadi yang diberikan sangatlah penting, seperti nomor telepon, ID YM, ID FB, BBM, dll. Terutama adalah nomor rekening, yang dikarenakan nomor rekening tidak akan dapat ditutup dengan mudah. Dan bersifat lebih susah untuk memalsukan nomor rekening daripada data pribadi yang lainnya. Salah satu cara yang dapat anda gunakan adalah dengan mengetikkan #nomor rekening seller#a.n siapa rekening tersebut#penipu# pada searching engine Google untuk melihat track record segala bentuk pengaduan yang terjadi terhadap pemilik rekening bersangkutan /seller (apabila ada), apabila tidak anda temukan maka ada kemungkin seller tersebut memang ‘bersih’.




  • Gunakan Escrow / Rekening Bersama. Telah munculnya beberapa layanan jasa rekening bersama yang dapat anda gunakan sebagai pihak ke-3 / intermediaries dalam transaksi anda, sangatlah bermanfaat guna mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan seperti tidak dikirimnya barang atau dikirimnya barang namun tidak sesuai dengan pesanan. Karena sifat dari Escrow /Rekening bersama adalah dana hanya akan diteruskan ke seller apabila buyer telah menerima barang sesuai dengan pesanan, dan apabila terjadinya penipuan maka barang akan dikembalikan kepada buyer.


  • Gunakan Agen Pengiriman yang terjamin dan terpercaya. Penting untuk memilih agen pengiriman yang memiliki reputasi bagus dan pelayanan yang memuaskan termasuk harga yang menyenangkan, sehingga barang yang diinginkan dapat anda terima dengan tepat waktu dan aman dalam perjalanan.



  • Berbelanja secara online memang sangat menyenangkan tapi selalu kewaspadaan dan kecermatan yang tinggi jug mutlak anda perlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat menikmati aktivitas belanja online anda.

    Oleh : Kevin wahyono

    Related Posts : aktivitas , barang , belanja , customer , data pribadi , escrow , forum , google , jual beli , kevin wahyono , nomor , online , pelayanan , produk , rekening , reputasi , toko , transaksi , website

    Sebulan Terakhir