Awas Berhati-hatilah Situs Yang Anda Gunakan Palsu !!

Leave a Comment!
Apakah situs yang sering Anda gunakan sudah aman?

Perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin berkembang dengan pesat. Tentunya berbagai macam cara dapat digunakan dengan instan, seperti halnya kegiatan penjelajahan internet yang tak asing lagi dengan situs-situs jejaring/ website yang dapat tersebar luaskan.

Setiap Anda menggunakan masing-masing layanan di dalam website internet, tentu Anda harus login dengan memasukkan user name dan password. Dalam proses login inilah, Anda harus sangat berhati-hati.

Kenapa demikian?

Karena berawal dari proses inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kejahatan dengan bobolnya akun website Anda untuk kepentingan pribadi seseorang dengan cara mengumpan pengguna menggunakan website yang hampir sama dengan website aslinya, website yang hampir sama inilah sering disebut juga phishing.

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat akan memasukkan user name dan password akun website Anda. Perhatikan dan pastikan alamat situs yang Anda gunakan itu memiliki alamat yang benar, karena biasanya alamat situs website palsu menyerupai alamat website aslinya.

Seperti jika Anda menggunakan jejaring facebook maka bukalah alamat facebook.com, perhatikan ejaan huruf dari alamatnya karena biasanya ejaan alamat situs website palsu/ phishing hampir menyerupai misalnya menjadi faceboook.com atau facebook.blogspot.com atau yang lainnya.

Tentunya dengan mengisi akun website Anda di alamat yang phishing tersebut dapat menimbulkan bobolnya akun Anda oleh orang lain yaitu dengan cara saat Anda memasukkan username dan password akun Anda akan langsung tersimpan secara otomatis di data akun phishing tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui situs jejaring/ website yang aman cobalah Anda untuk lebih jeli lagi melihat alamat situs website yang akan Anda gunakan, karena situs jejaring/ website yang aman dapat diketahui dengan awalan “https” di awal alamat website yang akan kita gunakan.

Apa itu HTTPS?

HTTPS merupakan sebuah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan menggunakan teknologi protokol Secure Socket Layer (SSL)/ Transport Layer Security (TLS), yang berguna untuk memungkinkan data-data pribadi Anda akan sulit dideteksi atau disadap oleh para hacker yang ingin mencuri data-data pribadi Anda.

Biasanya awalan HTTPS ini dapat ditandai dengan adanya simbol kunci di dalam bagian Address Bar Browser yang sedang Anda gunakan.

Bagaimana sekarang, apakah situs jejaring/ website yang sering Anda gunakan itu sudah aman?

Tak perlu khawatir, untuk menghindari phishing Anda dapat menggunakan fitur Anti-Phishing di komputer atau laptop Anda, dengan cara mengaktifkan fitur tersebut melalui setting didalam menu Chrome, lalu klik show advanced settings di bagian privacy, pastikan bahwa opsi-opsi “Enable Phishing and Malware Protection” sudah diberi tanda ceklis.

Dan bagi Anda yang sering menggunakan internet dengan Mozilla Firefox, tak perlu khawatir karena bisa Anda temukan di dalam menu setting pada kolom privacy dengan memilih opsi block reported web forgeries yang apabila diberi tanda cek lis akan berfungsi untuk mencegah teraksesnya phishing di internet yang sedang Anda gunakan.

Memanfaatkan mesin pencari (tambahan dari editor Puncak Bukit)

Selain dengan cara mengeset browser seperti di atas, kita juga dapat menghindari kejahatan phishing dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Beberapa tahun lalu nasabah bank BCA di Indonesia pernah dihebohkan oleh situs “klickbca.com” yang merupakan phishing dari situs yang asli yaitu “klikbca.com”. Perhatikan perbedaan tipis antara menggunakan “c” dan tidak di dalam nama domain, phishing yang cukup cerdik. Kita dapat memanfaatkan mesin pencari untuk menghindari phishing ini dengan cara:

  • Cari di mesin pencari dengan kata kunci yang sesuai: misalnya dalam kasus ini “bca internet banking”.
  • Pada mesin pencari yang terpercaya seperti Google, Bing dan Yahoo, situs yang asli akan muncul di halaman pertama, karena situs asli inilah yang mempunyai otoritas tertinggi. Sementara situs phishing akan muncul jauh di halaman belakang, atau bahkan tidak muncul sama sekali.
  • Dengan mengklik hasil pencarian tersebut, kita dapat mengunjungi situs asli dengan aman, dan terhindar dari phishing.

Oleh : Fitriyana Suhendi
Sumber : Adi, Arista Prasetyo. Sanjaya, Ridwan. 2013. Most Wanted Tips of WiFi Anti-Hacking. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Related Posts : akun , alamat , aman , asli , awalan , cara , ejaan , facebook , fitriyana suhendi , fitur , internet , jejaring , layer , login , mesin , name , password , phishing , situs , website

Sebulan Terakhir