Cara Mudah Menyimpan Artikel dari Website ke Format PDF

Leave a Comment!
Ketika sedang mencari informasi dari internet yaitu berupa artikel-artikel tertentu biasanya banyak orang yang menyimpan artikel tersebut dengan cara mengcopy secara keseluruhan isi artikel yang terdapat dalam website itu, lalu kemudian di paste-kan pada microsoft word.

Cara ini tentu saja memakan waktu yang lama karena harus menunggu loading dari artikel yang dipastekan, apalagi bila tulisan artikel yang dicopy terdapat gambar-gambar pendukung. Dan cara ini sudah pasti tidak berlaku pada situs-situs yang isi artikelnya tidak bisa dicopy. Sudah banyak situs-situs dalam internet yang melindungi isi tulisan artikelnya agar tidak bisa dicopy-paste dengan melakukan penambahan javascript pada blognya.

Jadi mau tidak mau untuk mengetahui informasi yang dianggap penting itu maka kita harus membaca secara langsung pada website yang dikunjungi sekalipun isi tulisan artikelnya sangat panjang. Nah, untuk mempermudah dalam membaca artikel itu sebenarnya kita bisa menyimpan terlebih dahulu isi artikelnya ke dalam format PDF.

Dengan begitu, kita bisa kapan saja membaca artikel yang telah kita simpan tanpa harus selalu terhubung dengan internet. Cara ini sangat efektif bila anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari bahan dari tugas-tugas sekolah/kuliah. Khususnya bagi yang tidak mempunyai perangkat komputer atau laptop pribadi untuk selalu terhubung dengan internet sehingga harus memanfaatkan rental komputer (warnet).

Cara menyimpannya juga sangat gampang sekali, yang dibutuhkan hanyalah aplikasi Google Chrome. Tentu aplikasi Google Chrome sudah sangat familiar dan rasanya hampir semua perangkat komputer telah terinstall aplikasi ini karena merupakan aplikasi wajib untuk terhubung dengan internet selain dari Mozilla Firefox dan Internet Explorer.

Namun apabila perangkat komputer anda kenyataannya belum terinstall aplikasi Google Chrome maka anda bisa mengunduhnya dari alamat ini http://www.google.com/intl/id_ID/chrome/browser/.

Setelah Google Chrome sudah terinstall, buka aplikasi itu lalu silakan melakukan browsing untuk mencari artikel-artikel yang berisi informasi yang sesuai kebutuhan anda. Bila sudah dapatkan, anda pun bisa menyimpannya ke format PDF.

Caranya sangat mudah dan simple, yaitu :

Pada website yang berisi artikel yang ingin kita simpan, tekan tombol CTRL + P pada keyboard. Lalu akan muncul kolom pengaturan di samping kiri layar, seperti gambar di bawah ini.



Setelah itu baru kemudian klik ubah atau change, pada kolom yang muncul, pilih tujuan Simpan sebagai PDF.



Jika sudah anda pilih, maka tampilannya akan seperti ini.



Di sini pun anda bisa menentukan berapa laman yang ingin anda simpan, menyertakan warna pada website atau tidak dan mengatur posisi tata letak laman website tersebut ketika anda simpan dalam format PDF nanti. Setelah semua diatur, tinggal anda klik pada kotak kolom yang bertuliskan “Simpan”. Akan muncul tampilan sebagai berikut.



Pada tabel di atas, tentukan tempat di mana anda akan menyimpan file PDF-nya nanti, jika anda memakai flashdisk, taruh pada folder dalam flashdisk anda, baru klik “Save”. Pada titik ini, langkah anda untuk menyimpan artikel website ke dalam format PDF pun telah selesai, untuk membuktikannya cari file yang anda simpan tadi setelah itu silakan anda buka, pasti formatnya sudah dalam bentuk PDF seperti gambar di bawah ini.



Bagaimana, pasti akan lebih mudah dalam membacanya bukan? Demikian artikel kali ini, semoga berguna dan bermanfaat. Trims

Oleh : Roma Doni

Related Posts : aplikasi , artikel , cara , chrome , flashdisk , format , google , internet , isi , kolom , komputer , laman , pdf , perangkat , roma doni , simpan , situs , terinstall , tulisan , website

Sebulan Terakhir