Tips Aman Terhindar dari Paypal Palsu

Leave a Comment!

1. Logo Paypal

Apakah anda termasuk orang yang selalu menggunakan internet sebagai media untuk berbisnis/berbelanja? Jika anda termasuk demikian, pastinya anda kenal dengan salah satu bank di internet ini yang bernama Paypal. Paypal merupakan salah satu media untuk menampung uang-uang yang kita hasilkan dari berbisnis/berbelanja di dunia internet. Kita dapat menggunakan uang-uang tersebut untuk membelanjakannya dengan barang-barang yang kita sukai atau dapat mengambil uang tersebut langsung ke rekening bank kita (akan tetapi ada prosesnya).

Semakin maraknya penggunaan Paypal di kalangan para freelancer (pekerja yang tidak terikat waktu dan biasanya bekerja melalui internet), Paypal kini terus dilirik oleh para oknum yang berniat jahat yaitu mereka yang ingin mengambil uang di Paypal kita. Mereka dapat mengambil uang kita dengan membuat sebuah email palsu yang dikirim ke kita dan membuat seolah-olah email tersebut berasal dari pihak Paypal resmi. Email tersebut akan menyuruh kita untuk login ke akun Paypal, dan bila kita melakukannya maka habislah sudah. Oknum-oknum tersebut akan mengetahui password dan email kita. Istilah kejahatan di Paypal ini dikenal dengan istilah phising (tindak kejahatan biasanya menggunakan email yang dimaksudkan untuk mencuri identitas Paypal kita). Lalu bagaimanakah misalnya jika email yang dikirim merupakan email asli dari pihak Paypal? Bagaimana membedakannya dengan email Paypal palsu yang kini terus beredar ke masyarakat? Berikut ini disajikan beberapa tips untuk membedakan manakah email asli dari pihak Paypal dan email palsu:

  • Email dari pihak Paypal asli pasti menggunakan nama kita sebagai salam pembuka, misalnya “Dear, TinaGusty”. Email Paypal palsu tidak pernah menggunakan nama kita sebagai salam pembuka seperti “Pengguna Yang Terhormat” atau yang lain.
  • Email dari pihak Paypal asli tidak akan langsung dihubungkan ke bagian-bagian sensitif/penting dari Paypal kita seperti kartu kredit, rekening bank, dan lain-lain. Email dari pihak Paypal asli akan menghubungkan langsung ke halaman depan akun Paypal kita.
  • Email dari pihak Paypal asli akan langsung masuk ke inbox email kita. Email dari Paypal palsu biasanya akan masuk ke folder spam.
  • Jika kita masih belum bisa membedakan email mana yang asli, kita dapat melihatnya melalui website Paypal nya sendiri. Website Paypal palsu hanya tersedia 1 bar pilihan (Sub Page) di atas website, sedangkan Paypal asli biasanya terdiri dari 3 bar pilihan (Sub Page).

Cara yang sederhana agar Paypal kita tetap aman adalah usahakan mempunyai kebiasaan untuk selalu membuka website Paypal dengan mengetik alamat website di address bar. Jangan mempunyai kebiasaan untuk membuka akun Paypal kita melalui daftar-daftar history di browser web kita. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, diharapkan Paypal kita dapat tetap aman dan terjaga.

Oleh : Stevanus

Gambar:
1. http://www.technobuffalo.com/wp-content/uploads/2014/07/paypal.jpg

Sumber: https://www.paypal.com/id/webapps/helpcenter/helphub/article/?solutionId=FAQ1895&topicID=PAYPAL_BASICS_CA&m=TCI

Related Posts : akun , asli , bank , bar , belanja , email , internet , istilah , kejahatan , page , palsu , paypal , pembuka , pilihan , rekening , salam , stevanus , sub , uang , website

Sebulan Terakhir