​Tips Menghemat Bandwidth Internet Anda

Leave a Comment!


Internetan atau sering disebut dengan istilah browsing memang sangat menyenangkan. Kita bisa mengetahui berita apa saja yang terjadi di seluruh belahan dunia. Bahkan, kita bisa mengobrol dengan teman yang berada di negara lain tanpa harus mengunjunginya.

Dewasa ini penggunaan internet sudah begitu luas. Mulai dari yang sekedar untuk mencari hiburan sampai untuk keperluan bisnis. Dalam dunia telekomunikasi, ada istilah yang menunjukkan banyaknya konsumsi data pada aktivitas telekomunikasi, yaitu bandwidth. Secara baku, bandwidth diukur dalam satuan bit per detik (bit per second).

Pemakaian bandwidth berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, jika Anda merasa menggunakan internet secara berlebihan, bersiap-siaplah untuk tidak terkejut saat melihat tagihan akhir bulan yang membengkak. Maka dari itu, Anda harus benar-benar hemat dan bijaksana dalam penggunaan bandwidth. Apalagi bagi para pengguna modem yang perhitungan biaya berdasarkan kuota (MB atau GB).

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghemat bandwidth internet Anda :

  1. Non-aktifkan fitur load image dengan cara : pilih menu Tools > Option > Content > hilangkan tanda centang pada bagian 'Load Images Automatically'.

    Dengan menon-aktifkan fitur load images, Anda bisa sedikit menghemat bandwidth internet Anda karena file gambar biasanya mengonsumsi lebih banyak data.

  2. Gunakan Opera Turbo

    Jika Anda adalah pengguna Opera Web Browser tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Opera Turbo.

    Yap, Opera Turbo adalah salah satu fitur pada opera web browser, yang jika diaktifkan akan membuat trafik internet melewati opera server dan di kompres sebelum akhirnya dikirimkan ke komputer kita. Pada umumnya, halaman web yang sudah dikompres, konsumsi datanya akan lebih kecil. Tentu saja, selain bisa menghemat bandwidth, penggunaan Opera Turbo juga bisa mempercepat browsing internet. Untuk mengatur Opera Turbo, klik kanan icon Opera Turbo dan pilih Configure Opera Turbo.

  3. Gunakan Add-On Adblock Plus

    Kadang, apabila kita membuka sebuah website, akan muncul iklan-iklan yang dipasang pada website tersebut.  Iklan-iklan itu biasanya cukup memberatkan loading halaman web yang kita tuju. Install add-on Adblock Plus pada browser Anda. Adblock Plus sendiri berfungsi untuk memblok iklan dan gambar yang muncul ketika meload sebuah halaman web.

  4. Matikan Setting Update Otomatis

    Ada beberapa aplikasi dan software antivirus yang melakukan update otomatis apabila komputer terkoneksi dengan internet. Biasanya aplikasi ini berjalan di background sehingga para pengguna sering tidak menyadarinya. Untuk para pengguna yang ingin menghemat bandwidth internetnya, setting update otomatis ini dapat dimatikan. Karena update bisa dilakukan secara manual juga kan?

  5. Non-aktifkan Scanner Link website antivirus

    Biasanya pada software antivirus ada fitur yang digunakan untuk melakukan scan terhadap link yang dikunjungi. Mungkin, hal tersebut tidak akan menjadi masalah apabila hanya satu atau beberapa web saja yang di scan. Namun, kadang, fitur ini juga menscan link hasil pencarian Google. Walaupun fitur ini bermanfaat, tetapi kadang malah memperlambat loading halaman web. Jadi, apabila Anda merasa web yang akan Anda kunjungi relatif aman sekaligus bisa menghemat bandwidth, fitur ini bisa dimatikan.

Oleh : Nira Kunea
#Berbagai_Sumber

Gambar: http://www.torrentsecurity.com/news/what-is-bandwidth-throttling/#.U_3yZsWSw-g

Related Posts : adblock , antivirus , bandwidth , browser , browsing , fitur , halaman , internet , istilah , link , load , nira kunea , opera , otomatis , pengguna , plus , turbo , update , web , website

Sebulan Terakhir