Melung, Desa Internet

Leave a Comment!
Era globalisasi sekarang menjadikan orang akan sangat ketergantungan sekali dengan adanya internet. Internet menjadi salah satu kebutuhan dasar yang seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Namun sayangnya masih banyaknya masyarakat yang belum paham dalam penggunaan internet turut menghambat laju pertumbuhan masyarakat, terutama di negara berkembang.



Masyarakat pedesaan khususnya masih banyak yang belum mengerti tentang penggunaan internet secara seutuhnya, tentunya hal ini akan berdampak pada sistem perekonomian di desa tersebut yang sulit untuk berkembang karena masih terikat dengan cara-cara tradisional. Pemerintah hingga saat ini sangat gencar mewujudkan gerakan sadar internet untuk masyarakat pedesaan guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan.

Salah satu desa yang terkenal dengan sebutan desa internet adalah Desa Melung. Terletak di kabupaten Banyumas, desa ini memiliki luas areal sekitar 1.320 hektar yang terletak tepatnya di deretan lereng gunung Slamet dan letaknya pun bukan berada di pinggiran kota melainkan sekitar 20 kilometer dari kota Purwokerto. Desa berpenduduk kurang lebih 2.000 jiwa ini terkenal dengan julukan desa internet yaitu desa yang melek akan teknologi informasi.

Kegigihan seorang kepala desa Melung bernama Budi membawa Melung menjadi desa yang sangat melek teknologi informasi sekarang ini. Kini saat memasuki desa ini kita tidak memerlukan modem karena hampir seluruh kawasan desa ini sudah menjadi hotspot area. Walau mengalami kesulitan jaringan masuk ke desa tersebut, tetapi kini lama-kelamaan dengan berbagai tambahan kelengkapan jaringan, pemasangan antena dan pemancar yang semakin lengkap menjadikan akses internet di sini semakin lancar.



Antusiasme masyarakat pun mulai meningkat dengan banyaknya warga yang mulai membeli PC maupun laptop murah, walaupun untuk warga yang kurang mampu membeli laptop atau PC tersedia beberapa komputer yang diletakkan di balai desa. Kini perlahan warga mulai akrab dengan internet, tidak hanya anak-anak dan para pemuda, orang tua pun mulai menggunakan kebutuhan internet untuk mencari info mengenai pertanian, peternakan, dan info yang mendukung usaha mereka sehingga tidak hanya kebutuhan media sosial saja yang mereka akses

Perbaikan sarana jaringan internet ini menggunakan sebagian besar dari kas desa yang semakin ditambah guna mencapai perbaikan yang lebih baik lagi. Website desa Melung pun masih aktif dikelola hingga saat ini bisa diakses melalui melung.desa.id, di situ masyarakat bisa mengetahui segala tentang desa melung mulai dari info kependudukan, maupun info lainnya yang tentunya sebagai bahan informasi desa Melung. Keberadaan website ini dikelola oleh beberapa orang warga desa Melung yang ditunjuk untuk mengelolanya sehingga website ini masih terus aktif.

Desa ini menjadi salah satu desa yang menginspirasi untuk kita semua, bahwa dimulai dari kemauan warga sendiri maka desa tersebut mau bertumbuh dan kini menjadi desa yang menginspirasi untuk desa-desa lainnya untuk mau berbenah menjadi desa yang melek internet.

Oleh : Sisca Yohanna
Sumber :
http://sorot.news.viva.co.id/news/read/428560-melung--kisah-sebuah-desa-internet
Sumber foto:
http://2.bp.blogspot.com/-_mx_nW1W9GE/UeGJ8goay4I/AAAAAAAAB-U/FoGdQi54rDY/s1600/3765146_20130713092006.JPG
http://palingindonesia.com/budi-penyulap-desa-melung-menjadi-desa-internet-pertama/

Related Posts : akses , aktif , desa , info , informasi , internet , jaringan , kebutuhan , laptop , masyarakat , masyarakat pedesaan , melung , negara berkembang , orang tua , pc , pertumbuhan ekonomi , sisca yohanna , teknologi , warga , website

Sebulan Terakhir