Cara Mengatasi Jaringan Wi-Fi yang Lambat

Leave a Comment!
Kini internet adalah jaringan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik dalam aspek hiburan maupun pekerjaan. Koneksi internet dituntut bisa berjalan secara efektif untuk menghemat waktu dan biaya. Namun ada kalanya masalah jaringan lambat itu mengganggu aktivitas dan pekerjaan kita.

Wi-Fi atau Wireless Fidelity merupakan penghasil sinyal internet yang cukup besar, yaitu mencakup hingga 2100 mbps atau lebih, dibandingkan data koneksi internet EDGE yaitu 384 kbps. Kini masyarakat sudah meninggalkan jenis koneksi lambat seperti 1G, 2G, EDGE, dan GSM. Layanan pada Wi-Fi kini sudah mencapai jenis 4G atau bahkan 5G (dalam masa launching di Indonesia). Namun ada kalanya Wi-Fi mengalami koneksi yang lambat. Untuk mengatasi kekesalan Anda, marilah kita simak tips-nya berikut ini.


Gambar 1. Lambang koneksi Wi-Fi

  • Usahakan router Wi-Fi diletakkan pada tempat terbuka.

    Udara bebas yang ada di ruangan terbuka sangat manjur untuk memberikan sinyal lebih kuat (karena pada dasarnya sinyal merambat melalui udara). Jadi, daripada meletakkan router di dalam lemari kaca, lebih baik ditaruh di atas meja ruang tamu dengan pintu yang senantiasa terbuka. Kecepatan internet akan sangat berpengaruh apabila Anda menerapkan tips ini.

  • Kurangi penggunaan perangkat.

    Semakin banyak perangkat yang mengakses sinyal Wi-Fi yang sama, maka koneksi akan semakin lambat. Lebih baik Anda menggunakan satu atau dua perangkat yang memiliki kapasitas lebih besar (misalnya komputer) untuk digunakan bermain game online atau streaming YouTube, sementara perangkat smartphone hanya digunakan untuk membuka media sosial. Dengan penggunaan bersama, maka kualitas jaringan Wi-Fi akan lebih baik.

  • Unduh software khusus untuk memperkuat jaringan Wi-Fi.


    Gambar 2. Jenis software yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi

    Software penguat jaringan Wi-Fi sangat berguna untuk menganalisis sinyal dengan detail. Anda bisa mengunduhnya pada beberapa perangkat seperti komputer atau smartphone Anda masing-masing. Beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan antara lain “Wi-Fi Booster & Analyzer” dan “Network Signal Speed Booster” dari Google Play.

  • Gunakan teknologi Wi-Fi yang terbaru.

    Terus meng-update router Wi-Fi secara teknis juga bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet yang Anda inginkan. Sejauh ini, teknologi yang terbaru untuk Wi-Fi adalah tipe “N”. Ketika hendak membeli perangkat Wi-Fi, pastikan Anda sedang menggunakan tipe “N” atau setidaknya pada update teknologi terakhirnya. Periksa memori dan RAM pada perangkat yang Anda gunakan.

    Masalah koneksi yang lambat tidak sepenuhnya disebabkan oleh router Wi-Fi. Setelah memastikan perangkat Wi-Fi telah menggunakan kualitas jaringan advance mode, Anda juga harus memeriksa apakah memori dan RAM di perangkat yang digunakan cukup kompetibel untuk menjalankan koneksi internet dengan cepat. Dengan begitu, Anda pun bisa menikmati jaringan internet cepat menggunakan Wireless Fidelity di rumah atau di kantor Anda.

Oleh: Giovani Malinda

Referensi:
http://bomtekno.com/11-cara-mempercepat-koneksi-internet-yang-terbukti-ampuh/
http://monthlytech.com/4-cara-mempercepat-koneksi-internet-wifi-speedy/
Referensi Gambar:
1. http://www.informationsecuritybuzz.com/wp-content/uploads/wifi-1.jpg
2. http://lh6.ggpht.com/pikhXcvG8uxK7CitxO0Fyw_kJ66ivnzvv7L1yspyerJX6xHKPJ-4l_0VmujVCdUhOXs=h360

Related Posts : booster , edge , fidelity , giovani malinda , gunakan , internet , jaringan , jenis , koneksi , lambat , memori , perangkat , ram , router , sinyal , smartphone , software , teknologi , wi-fi , wireless

Sebulan Terakhir