Tips Praktis Mengamankan Jaringan Wifi

Leave a Comment!
Berinternet di rumah kita menggunakan jaringan wifi, memang mudah dan praktis. Tentu saja, karena tak membutuhkan kabel untuk mengkoneksikan laptop dengan modem. Akan tetapi, kelemahan jaringan wifi yaitu tak begitu sulit ‘ditembus’ oleh orang yang ini menggunakan internet kita. Sebabnya, membobol password wifi bukanlah hal yang begitu sulit. Apalagi bagi orang yang sangat memahami seluk beluk jaringan komputer. Bila jaringan wifi berhasil ‘ditembus’, maka internet kita dapat digunakan oleh orang yang berhasil ‘menembusnya’ sehingga akan mengurangi kouta internet kita. Selain itu, kecepatan internet akan berkurang.

Nah, agar jaringan wifi tak mudah ditembus, berikut tips-tips praktis yang dapat kita coba.

Tips Pertama, Perlemah Pancaran Sinyal Wifi ke Luar Rumah
Dengan memperlemah sinyal wifi ke luar rumah, maka internet akan lambat bila diakses di luar rumah kita. Karena kecepatan internet lambat di luar rumah, orang yang ingin menggunakan internet kita akan merasa malas menggunakannya. Lalu, bagaimana cara untuk memperlemah pancaran sinyal wifi ke luar rumah? Kita dapat menyimpan modem wifi router di bawah meja ataupun di bawah kasur. Dengan catatan, posisi kita saat berinternet mesti dekat dengan posisi modem digunakan. Selain menyimpan modem di kedua tempat tersebut,dapat juga menyimpan benda yang mengandung logam di sekitar modem. Benda yang mengandung logam terbukti dapat mengurangi pancaran sinyal wifi. Nah, bila kita berinternet via hotspot wifi pada perangkat smartphone, cara tersebut dapat kita.gunakan juga.

Tips Kedua, Mengganti Nama SSID default dan Password Wifi default
Nama SSID dan password wifi ada dalam setiap jaringan Wifi. Nah, ketika kita membeli modem wifi router, kita akan mendapatkan nama SSID default dan password wifi default. Terkait keamanan, nama SSID default dan password wifi sebaiknya kita ganti. Sebabnya, bila seseorang mengetahui keduanya, maka seseorang tersebut dapat menggunakan jaringan wifi kita. Lalu, bagaimana mengganti nama SSID dan password wifi? Cara mengganti nama SSID dan password wifi biasanya tercetak dalam buku manualnya.

Nah, jaringan wifi kita lebih aman, tak ada salahnya rutin mengganti nama SSID dan password wifi. Dengan rutin mengganti keduanya, maka akan menyulitkan orang yang ingin menembus jaringan wifi kita. Sebabnya, jaringan wifi kita akan sulit dikenali. Bila kita menggunakan internet via hotspot wifi pada perangkat smartphone, tak ada salahnya juga mengganti nama SSID dan password wifi. Caranya, masuk ke menu Portabel Wifi Setup. Menu ini ada di menu setting. Lalu, ganti nama SSID dan password wifi.

Tips Ketiga, Matikan Wifi Saat Tak Digunakan
Bila kita tak berinternet, sebaiknya mematikan wifi. Sebabnya, bila wifi menyala, jaringan wifi kita sangat berisiko ‘ditembus’ orang lain. Begitu pun bila kita berinternet via hotspot wifi. Untuk mencegah orang lain menggunakan internet tanpa izin, matikan wifi hotspot saat kita tak berinternet.

Demikian tips-tips praktis mengamankan jaringan wifi. Untuk menghindari jaringan wifi kita ‘ditembus’, tak ada salahnya kita menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Related Posts : cara , default , hotspot , internet , jaringan , menu , modem , nama , pancaran , password , praktis , rahadian , router , rumah , sinyal , smartphone , ssid , tips , tips-tips , wifi

Sebulan Terakhir