Cara Mengaktifkan Koneksi Wifi Pada Windows XP

Leave a Comment!
Penggunaan jaringan Wireless Fidelity atau wifi memang sangat membantu untuk mengakses internet dengan cara yang mudah. Wifi merupakan penghantar akses internet tanpa menggunakan kabel. Jaringan wifi dapat diakses melalui smartphone, laptop atau komputer. Untuk laptop atau komputer yang menggunakan windows XP, ada cara mudah untuk mengakses jaringan wifi menggunakan built-in wireless zero dengan alat konfigurasi. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain :


Gambar 1. Wireless Network Connection

Network and Internet Connection
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mulai mengklik star, klik setting dan pilih control panel. Kemudian double klik Network and Internet Connection. Agar lebih jelas dapat dilihat pada gambar berikut.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

Network Connections
Apabila control panel window pada laptop atau komputer anda muncul, langkah selanjutnya adalah melakukan double klik pada Network Connections.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

Namun jika tampilan pada laptop atau computer Anda menggunakan cassis view, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

View Available Wireless Networks
Apabila langkah di atas sudah dilakukan, maka pada tampilan akan muncul Network Connections Window. Anda perlu meng-klik kanan Wireless Network Connection. Selanjutnya Wireless Network Connection akan melakukan koneksi dengan mengidentifikasi adaptor pada jaringan wireless yang benar. Setelah koneksi terjalin, klik View Available Wireless Networks untuk melihat apakah koneksi pada jaringan wifi sudah tersedia atau belum.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

Wireless Network Connection
Window Wireless Network Connection akan muncul dan pilihlah jaringan wifi yang terdapat jaringannya di sekitar yang ingin Anda hubungkan dan kemudian klik Connect pada jaringan wifi tersebut. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka jaringan koneksi wifi sudah dapat Anda akses dan gunakan melalui Windows XP yang ada pada laptop atau komputer Anda. Namun jika pada jaringan wifi yang ada di sekitar Anda, seperti saat Anda di hotel, di cafe atau di bandara yang dapat diakses hanya dengan menggunakan password tertentu. Anda dapat menanyakan nama SSID (acces point) dan passwordnya kepada staff yang ada di tempat tersebut. Klik ‘Refresh network list’ bila nama SID tidak ditemukan.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

Masukkan SSID dan Password
Apabila Anda sudah mendapatkan SSID dan passwordnya. Klik nama SSID dan pilih Connection lalu ketik password dari SSID tersebut dan ulangi pada baris ke dua seperti pada gambar.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

Pilih Connect
Setelah cara di atas dilakukan, maka pilihlah connect. Kemudian jaringan wifi tersebut akan berubah menjadi “Connected”. Anda secara otomatis akan terhubung dengan jaringan wifi tersebut. Namun jika tidak bisa terkoneksi, periksalah nama SSID dan password apabila terjadi kesalahan.

Cara Mengaktifkan Koneksi WiFi pada Windows XP

Meskipun saat ini kebanyakan menggunakan OS windows 7, namun tidak ada salahnya kita mengetahui cara mengaktifkan koneksi wifi pada windows XP seperti di atas. Semoga bermanfaat.


Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://www.panduankomputer.net/2015/02/cara-mengaktifkan-koneksi-wifi-pada.html
Sumber gambar:
1 https://4kitsuki.files.wordpress.com/2011/10/xp-1.png
2 sampai dengan 8 http://www.panduankomputer.net/2015/02/cara-mengaktifkan-koneksi-wifi-pada.html

Related Posts : brentley , connect , connection , connections , gambar , internet , jaringan , komputer , koneksi , laptop , network , password , pilih , ssid , view , wifi , window , windows , wireless , xp

Sebulan Terakhir