Cara Mengatur Wifi Laptop Yang Tidak Bisa Connect

Leave a Comment!
Wifi merupakan salah satu cara untuk dapat mengakses internet. Wifi semakin menjadi model koneksi internet di Indonesia bahkan dunia. Wifi atau Wireless Fidelity sendiri merupakan penghantar komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi atau mentrasfer data dan program. Penggunaan wifi dapat sudah banyak digunakan di lingkungan sekolah, restaurant, hotel bahkan di bandara. Jika laptop Anda terhubung dengan jaringan internet melalui wifi akan langsung terhubung ke internet. Namun jika tidak dapat connect dengan jaringan wifi, mungkin ada beberapa masalah yaitu renew IP tidak menampilkan hasil atau pemberian IP manual dengan Network Connected tidak dapat melakukan koneksi internet.


Gambar 1. Menggunakan Laptop

Jika permasalahan tersebut bukan pada jaringan wifi, kemungkinan masalah terjadi pada laptop. Bisa jadi laptop Anda terdapat virus yang membuat sistem laptop error. Penyebab lainnya adalah laptop yang terinstall Norman Security Suite (NSS) dan tidak dapat melakukan koneksi ke internet setelah NSS diupdate. Apabila menggunakan Windows XP, dapat melakukan hal berikut : Klik Start lalu pilih Run kemudian ketik CDM dan pilih Ok. Terdapat layar Command Prompt dan ketik nesth windsock reset lalu Enter selanjutnya restart laptop. Jika laptop Anda menggunakan Windows Vista, lakukan hal berikut : Klik Star, All Programs dan plih Accessories. Klik kanan di Command Prompt pilih Run as administrator dan ketik nesth windsock reset lalu Enter selanjutnya restart laptop.

Setting Wi-Fi Laptop Yg tidak bisa Connect
Gambar 2. Jaringan

Namun jika wifi sudah terconnect di laptop, tapi tetap tidak bisa koneksi ke internet. Anda dapat melakukan hal di bawah ini :

Periksa Tanda Seru di Syatray

Jika terdapat segitiga kuning dengan tanda seru artinya tidak dapat melakukan koneksi ke internet.

Setting Wi-Fi Laptop Yg tidak bisa Connect
Gambar 3. Icon Wifi di Laptop

Anda dapat masuk ke Control Panel dan pilih Network And Sharing Center. Pilih Change Adapter Setting dan klik kanan Wireless Connection lalu pilih properties. Klik dua kali Internet Protocol Version 4. Windows akan menampilkan detail IP address dan pilih Obtain an IP address automatically lalu klik Ok. Tunggu hingga IP address dari DHCP server hotspot muncul. Jika tanda seru di Systray hilang, maka laptop sudah dapat tersambung internet.

Setting Wi-Fi Laptop Yg tidak bisa Connect
Gambar 4. Pilih Obtain an IP address automatically

Lihat Device Manager

Jika cara yang di atas gagal, Anda dapat melakukan cara ini. Klik kanan pada My Computer dan pilih Manager lalu Device Manager. Perhatikan network adapters dan klik kanan hardware wifi lalu pilih Uninstall. Klik kanan dan pilih Scan for hardware changes lalu konekkan pada wifi dan internet kembali normal.

Setting Wi-Fi Laptop Yg tidak bisa Connect
Gambar 5. Device Manager

Itu dia cara mengatur wifi pada laptop yang tidak dapat connect pada internet. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Oleh:Brentley

Referensi tulisan :
http://www.panduankomputer.net/2015/02/setting-wi-fi-laptop-yg-tidak-bisa.html
Sumber gambar:
1 http://www.smartfren.com/assets/img/news/news-61.jpg
2 sampai 5 http://www.panduankomputer.net/2015/02/setting-wi-fi-laptop-yg-tidak-bisa.html

Related Posts : address , automatically , brentley , connect , device , gambar , internet , ip , jaringan , kanan , ketik , koneksi , laptop , manager , nesth , network , pilih , tanda seru , wifi , windows

Sebulan Terakhir