Cara Mensetting DNS Agar Dinamis

Leave a Comment!
DNS atau Domain Name System merupakan sistem yang dapat menyimpan suatu informasi mengenai nama host atau nama domain dalam bentuk basis data yang tersebar di jaringan computer dan berfungsi untuk menterjemahkan alamat IP ke nama domain dan sebaliknya. DNS juga dapat digunakan pada aplikasi yang terhubung dengan internet seperti email atau web browser dan juga dapat diterapkan pada intranet atau private network. Kelebihan dari penggunaan DNS sendiri adalah tidak perlu menghafal alamat IP dari computer atau situs di internet. Anda hanya tinggal menghafal host name atau domain.



D-Link merupakan penyedia perangkat networking yang terbesar. D-Link berkerja sama dengan penyedia Dynamic DNS yaitu DynDNS. Keduanya membuat layanan khusus Dynamic DNS yang dikhususkan untuk pengguna product D-Link yaitu http://www.dlinkddns.com. Nah berikut ini akan dibahas mengenai cara mensetting DNS agar dinamis dan benar, antara lain :

Mendaftar Account
Untuk dapat mensetting DNS pada perangkat komputer Anda, sebaiknya Anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada sebuah account. Account tersebut akan membantu Anda untuk membuat DNS menjadi lebih dinamis. Anda dapat mendaftar di account http://www.dlinkddns.com.

Login Account
Setelah Anda mendaftar account di atas dengan benar. Anda dapat langsung melakukan login dengan menggunakan account yang didaftarkan.

Panduan Cara Setting Dynamic DNS

Add Host
Jika Anda sudah melakukan login dengan account yang sudah didaftarkan, tampilan pada layar komputer akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Apabila gambar tersebut muncul, pilihlah Add Host untuk melakukan langkah selanjutnya.

Panduan Cara Setting Dynamic DNS

Masukkan Hostname
Langkah selanjutnya adalah memasukkan hostname sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, di bawah ini menggunakan hostname dengan nama “dlink-id”. Jika sudah sama, masukkanlah alamat IP tersebut ke “New IP Address”. Lalu Anda dapat mengklik “Save”.

Panduan Cara Setting Dynamic DNS

Host ditambah
Apabila langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya host akan ditambah seperti pada tampilan gambar di bawah ini.

Panduan Cara Setting Dynamic DNS

Setting D-Link Router
Lakukanlah setting D-Link Router. Caranya dengan memasukkan parameter-parameter ke dalam menu DDNS pada D-Link Router yang Anda miliki. Enable DDNS kemudian pilihlah Server Address. Lalu Anda dapat langsung memasukkan hostname yang Anda inginkan seperti pada contoh gambar di bawah ini. Kemudian masukkan username dan password sesuai dengan account Anda, lalu pilih “Save Setting”.

Panduan Cara Setting Dynamic DNS

Testing Alamat DDNS
Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan testing pada alamat DDNS tersebut. Pada contoh di bawah ini dapat di buka menggunakan remote management di router yang digunakan yaitu IR-635 pada port 8000 dan masukkan URLnya, maka akan terbuka login router DIR-635.

Panduan Cara Setting Dynamic DNS

DNS dinamis lebih diunggulkan untuk mengakses situs atau laman tertentu yang membutuhkan pengaturan khusus. Seperti situs trading forex luar negeri atau situs lain yang diblokir pemerintah.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://www.panduankomputer.net/2015/03/panduan-cara-setting-dynamic-dns.html
Sumber gambar:
http://www.dlinkddns.com/

Related Posts : account , address , alamat , brentley , d-link , ddns , dinamis , dns , domain , gambar , host , hostname , ip , langkah , login , mensetting , pilih , router , setting , situs

Sebulan Terakhir