Mengenal Internet Service Provider (ISP) dan Penggunaannya

Leave a Comment!
Internet merupakan sebuah sistem yang memungkinkan semua orang mengakses di manapun dan kapanpun. Internet yang Anda kenal sekarang ini merupakan output dari beragam sistem yang menangkap sinyal elektromagnetik sebelummya. Untuk mengkoneksikan gadget Anda ke dalam internet, Anda harus memiliki konektivitas dengan penyedia jasa layanan internet. Hal tersebut juga biasanya dikenal dengan istilah ISP (Internet Service Provider).

Pada kesempatan ini Anda akan mempelajari bagian yang secara khusus menampilkan jasa koneksi internet. Hal tersebut bertujuan agar menambah pengetahuan informasi dan memiliki gambaran yang dapat meningkatkan koneksi internet Anda. Sebab, ISP pada umumnya tidak hanya satu. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan ini untuk mencari internet terbaik bagi kebutuhan dan kantong pribadi.


Gambar 1. Ilustrasi

  1. Pengertian
    Internet Service Provider merupakan jasa penyedia layanan internet yang biasanya ditangani oleh sebuah perusahaan. Sifatnya komersial yang memiliki berbagai variasi harga dengan kecepatan atau kuota tertentu. Pada awalnya perkembangan ISP berada di alur jaringan telekomunikasi, dengan memancarkan sinyal telepon sekaligus menggunakannya sebagai internet. Seiring bertambahnya waktu, ISP telah dibentuk oleh beberapa perusahaan yang khusus menangani internet dengan kecepatan lebih tinggi karena penggunaan fiber optic sebagai bahan utamanya.
  2. Fungsi
    Prinsipnya ISP berfungsi untuk menyediakan koneksi internet. Selain itu, beberapa jaringan telepon yang masih menjadi ISP memanfaatkan hal tersebut untuk mencari keuntungan dengan menyediakan kuota internet. Jika kuota internet sudah habis, maka pengguna tidak bisa lagi mengakses data secara online. Selain itu, ISP berhak untuk menentukan berapa besar bandwith yang akan digunakan untuk setiap pelanggannya.
  3. Kategori
    Kategori dapat dibedakan ke dalam 3 bagian, pertama penyedia jasa internet, para pelanggan yang menggunakannya, dan jenis bahan utama. Penyedia jasa internet tidak hanya para pemilik jaringan telepon saja, seperti telkomsel, 3, dan sejenisnya, akan tetapi ada juga moratel, yaitu ISP yang berpusat di Singapura. Sedangkan penggunanya dapat dibagi ke dalam pengguna pribadi atau untuk keperluan kantor. Biasanya bandwith yang ditawarkan juga berbeda melihat dari jumlah kebutuhan pengguna. Bahan yang digunakan juga terdapat kabel biasa maupun fiber optic.
  4. Penggunaan
    Untuk memiliki koneksi internet, Anda harus berlangganan dahulu kepada ISP yang ada. Cara berlangganan tidaklah sulit, namun biasanya setiap ISP memiliki aturan yang berbeda sehingga Anda harus membaca dengan detail setiap aturan itu terlebih dahulu. Untuk internet jaringan telekomunikasi biasanya Anda akan disarankan memasang router yang terhubung dengan telepon. Sedangkan untuk jaringan nirkabel, Anda disarankan untuk memasang tower kecil pada rumah Anda dan dapat berfungsi sebagai wifi untuk keperluan yang lebih luas.
  5. Kelemahan
    Sistem jaringan dengan telepon biasanya akan mengganggu aktivitas telepon yang masuk. Selain itu, harga cukup mahal satu bulan berlangganannya. Sistem ini juga memiliki kecepatan yang sangat terbatas. Sedangkan sistem nirkabel belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, sehingga mereka cenderung menolak jika ditawari hal tersebut. Pengguaan tower juga cukup mengganggu sistem kerja otak, layaknya tower pada jaringan telepon.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://jaringankomputer.org/internet-service-provider-isp/
Sumber gambar:
Sumber : http://uc.blogdetik.com/fs/106/1066958/media/2015/10/11/14445590261463842067.jpg

Related Posts : bandwith , brentley , disarankan , fiber , internet , isp , jaringan , jasa , kecepatan , koneksi , kuota , nirkabel , optic , pengguna , penyedia , provider , sinyal , sistem , telepon , tower

Sebulan Terakhir