Mengenal Jenis – Jenis Koneksi Internet Broadband

Leave a Comment!
Pada dasarnya internet menghubungkan seorang user untuk bisa berkomunikasi secara online. Akan tetapi, ternyata internet juga memiliki beragam jenis. Misalnya, internet dengan jaringan LAN, ada juga internet yang dapat terhubung karena membayar sejumlah bandwith dari ISP, yaitu penyedia jasa internet. Selain itu, yang sering Anda dengar adalah internet broadband. Meski demikian tidak banyak yang mengetahui apa yang dimaksud dengannya secara lebih mendalam.


Gambar 1. Ilustrasi

Sejatinya pemahaman internet tersebut sangat bermanfaat ketika Anda memilih koneksi. Pasalnya, jenis-jenis internet tersebut menampilkan beragam variasi yang memungkinkan Anda juga harus ikut serta menentukan pilihan yang terbaik. Agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai internet broadband.

  1. Pengertian Internet Broadband
    Sejatinya internet tersebut menyuguhkan ruang lingkup koneksi yang lebih luas dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Internet broadband artinya adalah koneksi internet dengan teknologi broadband, yang memiliki frekuensi jangkauan lebih luas. Internet broadband juga digadang-gadang merupakan perkembangan dan memiliki nilai jual lebih tinggi dari internet dial-up. Sebab koneksi yang dimiliki broadband jauh lebih cepat. Selain itu, dial-up memiliki kendala sering mengalami disconnect server, sehingga mengganti nya dengan broadband merupakan pilihan yang tepat.

    Jika melihat dari bandwith yang dimiliki oleh broadband maka anda akan menemukan beberapa kali lipat kecepatan transfer data yang dimiliki olehnya. Namun, kecepatan koneksinya juga tergantung pada pilihan yang tersedia. Biasanya setiap kecepatan memiliki batasan harga yang ditawarkan kepada para konsumen. Ada yang menggunakan data unlimited, tetapi kecepatannya dikurangi. Sedangkan untuk data kuota memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

  2. Jenis-jenis
    Berdasarkan kecepatannya, internet broadband juga dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis, yaitu ada ADSL dan juga SSL. Selain itu, keduanya dibedakan karena melihat kebutuhan yang sedang dicari masyarakat. ADSL merupakan koneksi yang paling sering digunakan oleh masyarakat luas. Rata-rata kecepatan transfer datanya sebatas 512 Kbps saja. Namun, hal ini sudah sangat cukup untuk melakukan beberapa kegiatan surfing di internet.

    Lain halnya dengan jenis SSL. Jenis ini biasa digunakan oleh para pelaku usaha atau kantor-kantor besar yang memerlukan akses internet tinggi. Tentu saja kecepatan yang dimiliki oleh SSL jauh lebih tinggi dibanding dengan ADSL. Biasanya mereka mengacu kepada kecepatan upload yang tinggi. Perbandingan harga yang ditawarkan pada SSL juga jauh lebih mahal dibanding harga pada ADSL.

    Sedangkan berdasarkan bahan yang digunakan, internet broadband dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu koneksi internet wireless,TV kabel, dan menggunakan satelit. Pada koneksi wireless berarti internet yang digunakan tidak memerlukan perantara kabel. Koneksi ini banyak dimiliki oleh ponsel pintar, tablet, notebook, bahkan printer. Kecepatan download yang tersedia antara 128 Kbps hingga 2 Mbps.

    Berikutnya adalah koneksi kabel dengan sambungan TV. Koneksi yang tersedia memiliki kecepatan transfer data antara 2 Mbps hingga 8 Mbps. Oleh karena itu, biasanya internet TV kabel lebih disukai dibanding koneksi internet ADSL. Hal tersebut dinilai lebih praktis dan tidak memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari ADSL.

    Bila Anda tinggal di tempat dengan banyak pohon yang rindang dan bangunan yang menjulang tinggi, maka akan kesulitan untuk mendapatkan koneksi. Satu-satunya cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan membeli tawaran internet satelit. Sebab, satelit bebas dari hambatan apapun karena pancaran frekuensinya yang luas dan menjulang ke atas. Hanya saja, internet jenis ini memiliki kelemahan terhadap cuaca, sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika hujan.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://badinesia.com/tips-mendapatkan-investor-untuk-bisnis-online/
Sumber gambar:
http://4.bp.blogspot.com/-vma3DO65BzY/VeE26x8YvzI/AAAAAAAACPg/M2wwuS7m-so/s1600/Jenis%252BKoneksi%252BInternet%255B1%255D.jpg

Related Posts : adsl , bandwith , brentley , broadband , data , dial-up , internet , jenis , jenis-jenis , kabel , kbps , kecepatan , koneksi , luas , mbps , satelit , sejat , ssl , transfer , tv

Sebulan Terakhir