Mengenal Web Server dan Penggunaannya

Leave a Comment!
Pada dasarnya server adalah sebuah main yang berfungsi untuk mengakomodir semua kegiatan yang akan Anda lakukan. Mudahnya pada sebuah permainan online, Anda akan diminta untuk bermain di sever tertentu. Hal ini akan menjadi dasar Anda untuk melakukan permainan selanjutnya. Tanpa adanya server maka mustahil seseorang dapat menjalankan permainan tersebut.


Gambar 1. Web Server

Berbicara mengenai web server berarti terkait tentang internet dengan kapasitas yang paling besar di antara internet yang selama ini kita gunakan. Web server berbeda-beda tempatnya, sesuai dengan layanan yang sedang kita pakai. Selain itu, tentu saja dalam web server Anda menemukan kecepatan yang berlipat lebih besar daripada semua koneksi internet di pasaran. Contohnya adalah server yang dimiliki Indosat, biasanya akan mencapai kecepatan puluhan Gigabite dalam koneksinya. Untuk lebih memahaminya, berikut akan dijelaskan tentang web server.

  1. Pengertian
    Web server adalah paket internet yang memiliki kapasitas yang sangat besar sehingga konektivitas sebuah internet juga lebih kencang dari internet biasanya. Dikatakan server karena juga memiliki beberapa sambungan pada daerah tertentu, atau ruang lingkupnya tersebar ke berbagai sudut kota. Singkatnya web server adalah penyedia layanan internet yang nantinya bisa dipasarkan ke dalam masyarakat luas. Maka, bila Anda melihat adanya tower atau menara sutet (tegangangan tinggi), itu hanya sebuah perluasan dari web server. Web server terdiri dari sistem operasi yang terintegrasi.

  2. Fungsi
    Kegunaan utama yang dimiliki oleh web server adalah merespon permintaan HTTP, yaitu sebuah langkah pertama agar Anda dapat membuka banyak situs di internet. Hal ini sangat diperlukan sebab setiap situs secara online harus diakses dengan menggunakan fungsi HTTP, misalnya http://www.blogger.com//home.xml. Kegiatan ini nantinya membutuhkan koneksi internet untuk menampilkan alamat yang dituju. Maka web server diharapkan dapat meresponnya agar proses mengakses bisa dilakukan dengan lancar.

  3. Macam web server
    Web server biasanya terdapat di hampir semua layanan telepon, misalnya Indosat, 3, Telkomsel, maupun Smart. Selain itu ada juga layanan ISP yang menggunakan web server dengan jaringan fiber optic, yaitu internet yang biasanya dibangun di bawah laut dengan bandwith yang sangat tinggi. ISP inilah yang nantinya dapat dibeli oleh masyarakat untuk digunakan di rumah, kantor, maupun tempat tempat umum. Kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok, bahwa layanan yang disalurkan oleh web server pada jaringan telepon lebih kecil daripada jaringan ISP.

  4. Kategori web server
    Jika melihat pengertian di atas, tentunya Anda dapat mengatakan bahwa web server merupakan sebuah perangkat lunak yang ditransmisikan ke dalam perangkat keras. Jadi, dia berada pada dalam sistem komputer layaknya sistem operasi pada windows. Web server merupakan sebuah aplikasi yang sistemnya hanya terpasang pada pusat koneksi internet, yang dipasang secara paten. Selain itu, web server selalu dipastikan aktif untuk menggunakan sistem kerjanya bagi setiap masyarakat yang menggunakan sebagai media koneksi internet.

Dua aplikasi server web terkemuka Web server Apache, yang paling banyak diinstal, dan Microsoft Internet Information Server (IIS). Web server yang lain seperti Novell Web Server menggunakan sistem operasi NetWare dan IBM Lotus Domino server, menggunakan sistem operasi IBM OS / 390 dan AS / 400. (OS/390 sistem operasi IBM yang umumnya diinstal pada line mainframe server S/390).

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://jaringankomputer.org/web-server-adalah-fungsi-server-penyedia-web/
Sumber gambar:
http://www.thewebkitchen.co.uk/wp-content/uploads/2011/12/what-is-a-web-server.jpg

Related Posts : aplikasi , brentley , diinstal , ibm , indosat , internet , isp , jaringan , koneksi , layanan , merespon , nantinya , online , operasi , os , permainan , server , sistem , situs , web

Sebulan Terakhir