Tips Sharing Data Wifi Hotspot

Leave a Comment!
Saat ini banyak kemudahan yang didapat ketika akan mengirim file dengan teman. Anda hanya tinggal menggunakan USB flashdisk atau menggunakan harddisk eksternal untuk mengirim file yang diinginkan. Namun jika tidak memiliki flashdisk atau harddisk eksternal, Anda tidak perlu khawatir lagi. Memanfaatkan koneksi hotspot atau wifi Anda tetap bisa mengirim file dengan ukuran yang besar.


Gambar 1. Ilustrasi Wifi

Apabila di tempat Anda berada terdapat koneksi hotspot atau wifi, Anda dapat mengirim file dengan mudah. Namun pastikan laptop Anda dan laptop teman Anda sama-sama dapat terhubung ke hotspot di tempat tersebut agar pengiriman file antar laptop dapat berjalan dengan lancar. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat berbagi file antar laptop ataupun komputer saat USB flashdisk dan harddisk eksternal tidak tersedia. Anda dapat melakukan pengiriman file melalui Bluetooth, koneksi wireless ad hoc, kabel LAN dan lainnya.

Pengiriman file antar laptop atau komputer dengan menggunakan wifi atau hotspot ternyata memiliki banyak keuntungan. Keuntungan tersebut diantaranya adalah tidak perlu melakukan setting untuk koneksinya seperti setting alamat IP, pairing dan sebagainya. Hal yang perlu dilakukan hanyalah melakukan setting untuk folder sharingnya saja. Nah berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk sharing data dengan wifi hotspot, diantaranya :

Tentukan Folder Sharing

Sebagai contoh laptop A yang akan mengirim file dan laptop B yang menerimanya.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Tentukan terlebih dahulu folder mana yang akan disharing. Jika sudah klik kanan pada folder tersebut dan pilih properties.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Pada Tab Sharing, Anda perlu mengklik Advanced Sharing. Kemudian berilah centang pada Share this folder dan klik Apply atau klik Ok.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot
Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Matikan Windows Firewall

Langkah selanjutnya yaitu matikan windows firewall dengan cara masuk ke Control Panel dan pilih Windows Firewall lalu non aktifkan Windows Firewall tersebut. Agar laptop B dapat mengambil file dari laptop A, maka harus tau IP addressnya dari laptop A. caranya yaitu dengan membuka Command Prompt. Pilih Run (Logo Windows +R) lalu ketik CDM dan klik Ok.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Jika jendela Command Prompt sudah muncul, ketik ipconfig dan tekan Enter.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Pada contoh di atas menggunakan alamat IP address 192.168.1.100

Mengakses Folder

Langkah terakhir yaitu mengakses folder dari laptop B dengan cara masuk ke menu RUN lalu ketik tanda backslash 2 kali (\\) disambung dengan IP pada laptop A\\192.168.1.100 dan klik Ok.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Jika sudah pada layar laptop Anda akan muncul folder yang dikirim atau disharing pada laptop A.

Cara Sharing Data Via WiFi Hotspot

Buka folder yang sudah disharing tersebut dan sudah dapat melakukan copy paste dari laptop A ke drive laptop B. Selamat mencoba.

Oleh: Brentley

Referensi tulisan:
http://www.panduankomputer.net/2015/04/cara-sharing-data-via-wifi-hotspot.html
Sumber gambar:
1 http://www.klikponsel.com/wp-content/uploads/2015/10/Screenshot_33.jpg
2 sampai 9 http://www.panduankomputer.net/2015/04/cara-sharing-data-via-wifi-hotspot.html

Related Posts : brentley , disharing , eksternal , file , firewall , flashdisk , folder , harddisk , hotspot , ip , ketik , koneksi , laptop , pengiriman , pilih , prompt , setting , sharing , wifi , windows

Sebulan Terakhir