Home » data » detik » fiber » gbps » internet » jaringan » jerman » kecepatan » optik » pcs » peneliti » probabilistic » rate » saluran » second » sinyal » stuttgart » tbps » transmisi » vierta saraswati » Saintis Berhasil Mendemonstrasikan Kecepatan Internet 1.000 Kali Lebih Cepat dibandingkan Google Fiber

Saintis Berhasil Mendemonstrasikan Kecepatan Internet 1.000 Kali Lebih Cepat dibandingkan Google Fiber

Leave a Comment!
Para ilmuwan di Jerman telah berhasil mengembangkan teknologi internet dengan kecepatan rata-rata mencapai 1 terabit per second (Tbps) pada jaringan fiber optik. Pada kecepatan tersebut, Anda akan mendapati rate dari transmisi data Anda mencapai 1000 lebih cepat dibandingkan layanan yang diberikan oleh Google Fiber, yang mampu mentransferkan data 1 gigabit per second (1 Gbps). Meskipun kecepatan internet 1 Gbps yang ditawarkan Google Fiber sudah sangat menggiurkan bagi pengguna internet yang terhambat dengan koneksi lambat dari ADSL dan jaringan kabel, namun masih belum seimbang untuk berkompetisi dengan kecepatan internet yang menawarkan transfer data 1 Tbps. Pada kecepatan 1 Tbps, Anda berkesempatan mendownload 125 gigabytes untuk setiap detiknya. Setiap detiknya. Hal itu hampir sama dengan kapasitas penyimpanan MacBook Air yang dulu.

Sebagai gambaran lainnya, pada kecepatan tersebut (1 Tbps) Anda dapat mengunduh seluruh seri Game of Thrones hanya dalam waktu 1 detik, dengan kualitas High Definition tentu saja. Atau apabila Anda merupakan penggemar film, pada rentang waktu yang sama Anda mampu mendapatkan 25 film dengan ukuran file tiap filmnya 5 GB. The choice is yours. Dan semoga Anda mampu memanajemen kehidupan sosial Anda dengan baik.


Gambar 1. Ilustrasi oleh Laura Niemuth/Shutterstock.com

Bagaimana mungkin teknologi yang menawarkan kecepatan internet 1 Tbps ini ada? Ternyata semua ini berawal dari ditemukannya teknik modulasi yang disebut Probabilistic Constellation Shapping, di mana melalui teknik ini peneliti dari Technical University of Munich, Nokia Bell Labs dan Deutsche Telekom T-Labs mendapatkan hit transmission rate sebesar 1 Tbps melalui jaringan fiber optik yang telah ada di Deutsche Telkom. Dengan kata lain hasil ini diperoleh tanpa melakukan perlakuan khusus terkait setup jaringan, melainkan dengan infrastruktur fiber yang sebelumnya telah dikembangkan secara publik.

Hal ini merupakan catatan penting, mengingat –percaya atau tidak- sebenarnya sebelumnya saintis telah mendemonstrasikan kecepatan internet yang lebih cepat akan tetapi pengujiannya masih dalam skala lab. Di awal tahun, peneliti dari UK memperoleh kecepatan transmisi data 1.125 terabits per second dengan menggunakan sistem khusus yang mana menyiarkan informasi melalui fiber optik pada 15 saluran secara simultan, yang disebut sebagai “super channel”. Dan tahun lalu, tim peneliti dari Inggris lainnya memperoleh kecepatan transmisi data sebesar 1 Tbps pada skala lab – menggunakan sistem wireless 5G yang menyiarkan data sepanjang 100 meter.

Hal ini sangat kontras dengan apa yang diperoleh peneliti Jerman yang dapat dikatakan pencapaiannya bisa diaplikasikan pada kondisi sesungguhnya (real condition).

Probabilistic Constellation Shaping (PCS) memiliki prinsip kerja berupa meningkatkan efisiensi dari penyiaran data melalui saluran fiber. Metode ini menjamin bahwa sinyal dengan amplitude lemah lebih banyak digunakan dibandingkan sinyal beramplitudo kuat. Berdasarkan penelitian, hal ini memungkinkan adanya transmission rate menjadi lebih ideal untuk sesuai dengan saluran, dan berarti bahwa sinyalnya lebih stabil terhadap noise pada saluran dan defek lainnya.

Dengan menggunakan PCS, tim peneliti mampu memperoleh kecepatan 1 Tbps diantara dua kota di Jerman yaitu Stuttgart dan Darmstadt, dan juga antara Stuttgart dan Nuremberg sebagaimana yang dilaporkan oleh Liam Tung di ZDNet. Tim juga menemukan adanya perlambatan 0,8 Tbps antara Stuttgart dan Berlin.

Hasil penelitian ini baru saja dipresentasikan pada pekan ini melalui European Conference on Optical Communication (ECOC) 2016 in Düssedorf, Jerman, dan sejauh ini belum dipublikasikan, sehingga beberapa santis lainnya belum dapat memverifikasi hasilnya.

Oleh: Vierta Saraswati

Referensi :
http://www.sciencealert.com/scientists-just-demonstrated-internet-speeds-1-000-times-faster-than-google-fibre
Referensi Gambar :
1. http://www.sciencealert.com/scientists-just-demonstrated-internet-speeds-1-000-times-faster-than-google-fibre

Related Posts : data , detik , fiber , gbps , internet , jaringan , jerman , kecepatan , optik , pcs , peneliti , probabilistic , rate , saluran , second , sinyal , stuttgart , tbps , transmisi , vierta saraswati

Sebulan Terakhir