Trik Mudah Membuat Konten Blog yang Menarik

Leave a Comment!
Saat ini, banyak orang yang memiliki blog. Misalnya, blogspot ataupun blog wordpress. Termasuk juga kalangan anak muda. Nah, bila ingin meningkatkan jumlah visitor (pengunjung) blog, tentunya kita mesti mem-posting tulisan-tulisan yang menarik. Sebabnya, data tarik blog sebenarnya terletak pada tulisan. Lalu, bila ingin meningkatkan jumlah visitor blog, bagaimana trik membuat blog yang menarik? Terlebih bagi yang kurang begitu memahami teknik-teknik menulis? Berikut beberapa trik mudah membuat konten blog yang menarik.

Bahas Hal yang ‘Dekat’ dengan Segmen Pembaca yang Kita Tuju

Agar lebih memudahkan membuat konten blog menarik, tetapkan segmen pembaca blog kita. Setelah menetapkannya, carilah hal yang dekat dengan segmen pembaca yang kita tuju. Ambil contoh, segmen pembaca blog kita berasal dari kalangan anak muda. Nah, salah satu hal yang dekat dengan kalangan anak muda yaitu mengenai asmara. Hal-hal mengenai asmara dapat kita kembangkan menjadi satu tulisan utuh. Misalnya, membuat postingan berjudul Tips Harmonis Menjalani LDR (Long Distance Relationship), ataupun membuat postingan berjudul Sudah Siapkah Menjadi Pengantin? Nah, bila pembaca berasal dari kalangan masyarakat umum, kita dapat membahas seluk beluk budaya Jepang ataupun Korea. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kedua budaya tersebut cukup disenangi.


Gambar 1. Situs hipwee (Hipwee.com. Situs ini Diperuntukkan bagi Kawula Muda. Karenanya, Menghadirkan Berbagai Hal yang Dekat Dengan Kehidupan Anak Muda.

Sisipkan Kata-Kata yang Sedang ‘In’

Menyisipkan kata-kata yang sedang ‘in’, menjadikan tulisan terasa kekinian,tak begitu asing di benak pembaca, dan menjadikannya lebih menarik. Ambil contoh, segmen pembaca blog kita berasal dari kalangan anak muda. Nah, karena kata Kesempurnaan Cinta begitu populer di kalangan anak muda saat ini, judul lagu yang dinyanyikan Rizki Febian ini dapat kita sisipkan pada tulisan.


Gambar 2. Contoh Tulisan yang Disisipi Kata Kesempurnaan Cinta

Sesuaikan Gaya Bahasa Tulisan dengan Segmen Pembaca Blog

Nah, dengan menyesuaikan gaya bahasa tulisan dengan segmen pembaca blog, menjadikan tulisan terasa begitu dekat dengan pembaca. Ambil contoh, segmen pembaca blog berasal dari kalangan anak muda. Agar, gaya bahasa tulisan ‘matching’ dengan psikologi anak muda , gunakan kata-kata yang biasa dituturkan sehari-hari oleh anak muda pada umumnya. Contohnya, kata enggak ataupun kata kerja berakhiran imbuhan -in seperti ambilin, ataupun perhatiin. Nah, selain itu, dapat juga disisipi dengan kata-kata berbahasa Inggris. Bila pembaca blog kita berasal dari kalangan masyarakat umum, gunakan gaya bahasa tulisan yang lebih baku.


Gambar 3. Contoh Gaya Bahasa Tulisan Casual

Dukung Tulisan dengan Gambar Secukupnya.

Nah, agar lebih memudahkan pembaca memahami tulisan kita, sisipkan gambar yang berkaitan dengan tulisan. Namun, tak lantas menyisipkan gambar sebanyak-banyaknya. Sebabnya, bila terlalu banyak gambar disisipkan, tulisan cenderung kurang menarik. Nah, selain memudahkan pembaca memahami tulisan, menyisipkan gambar pun menjadikan tulisan terlihat menarik. Contohnya gambar dapat kita amati pada gambar pertama.

Demikian, trik-trik membuat konten blog yang menarik. Nah, agar jumlah visitor blog meningkat, tak ada salahnya menerapkannya. Selamat menulis konten blog...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. Gambar Milik Pribadi

Related Posts : ambil , anak muda , asmara , blog , gambar , gaya bahasa , gunakan , hipwee , kata-kata , kesempurnaan , konten , pembaca , postingan , rahadian , segmen , situs , trik , tuju , tulisan , visitor

Sebulan Terakhir