Trik Membuat Konten Marketing di Media Blog

Leave a Comment!
Blog dapat kita manfaatkan sebagai media untuk menawarkan berbagai produk. Baik barang maupun jasa. Nah, agar orang membeli produk yang ditawarkan di media blog, kita mesti menyajikan konten yang mampu membujuk orang untuk membelinya. Dan juga, konten yang mampu membuat orang mengingatnya. Dalam dunia blogging, konten ini biasa disebut konten marketing. Untuk mempermudah membuat konten tersebut, terlebih bagi yang baru saja menggeluti pembuatan konten marketing, berikut trik-trik membuat konten marketing.


Gambar 1. Contoh Konten Marketing Pada Media Blog

Manfaatkan Bagian Awal dan Bagian Akhir Tulisan
Marry Munter, seorang pakar komunikasi bisnis, menyebutkan bahwa bagian awal dan bagian akhir menjadi bagian tulisan yang mudah diingat pembaca. Karenanya, kedua bagian tulisan ini dapat kita manfaatkan agar orang mengingat produk yang kita tawarkan. Caranya, tuliskan inti kegunaan produk secara tegas dan lugas pada kedua bagian tulisan tersebut dengan gaya bahasa yang berbeda.

Ambil contoh, produk yang kita jual yaitu pakaian renang hijab. Pada bagian awal tulisan, kita dapat menulis Ingin lebih nyaman berolahraga renang tanpa mengkhawatirkan aurat? Dengan mengenakan pakaian renang ini, muslimah akan lebih nyaman berolahraga renang tanpa mengkhawatirkan aurat. Pakaian renang ini terbuat dari bahan yang tahan sobek dan mudah menyerap air. Sedangkan pada bagian akhir tulisan, kita dapat menulis Aurat kini tak lagi menjadi masalah bagi muslimah yang hobi berolahraga renang.

Sisipkan Infografis Secukupnya
Infografis, secara mendasar, yaitu informasi yang dikemas secara visual. Menurut penelitian, orang akan lebih mudah mengingat suatu informasi, bila informasi dikemas secara info grafis. Dengan demikian, agar orang mengingat kegunaan produk yang kita tawarkan, sisipkan info grafis pada tulisan. Untuk membuat info grafis, kita dapat menggunakan piranti desain seperti CorelDraw ataupun Photoshop. Sebagai inspirasi membuat info grafis, kita dapat mencari desain info grafis via internet. Berikut beberapa contoh info grafis.


Gambar 2. Info grafis yang Menerangkan Fitur Chipset Exynos, Chipset Smartphone Buatan Samsung

Semakin Sedikit Tulisan, Akan Semakin Lebih Baik
Secara psikologis, bila tulisan penawaran produk terlalu panjang, orang akan merasa enggan menyimak tulisan. Terlebih, bila tulisan tak disisipkan infografis. Karenanya, agar orang bersedia menyimak tulisan, sebaiknya tulisan sebaiknya tak terlalu panjang. Terkait konten tulisan, hal-hal apa saja yang sebaiknya kita tulis agar orang membeli produk yang kita tawarkan? Tulisan keuntungan-keuntungan produk bagi konsumen, mulai dari yang penting hingga yang kurang penting.

Sisipkan Testimoni Konsumen
Bila jenis produk yang kita tawarkan relatif masih asing di mata orang banyak, sebaiknya sisipkan testimoni konsumen. Sebabnya, orang belum begitu mengenal produk yang kita tawarkan. Untuk mengetahuinya, kita dapat meminta pendapat konsumen yang memakai produk kita. Ambil contoh, produk meja lipat portabel. Bagi sebagian besar orang, produk ini masih asing Bila jenis produk yang kita tawarkan tak relatif asing di mata orang, dapat juga menyisipkannya. Tentu saja, agar orang lebih mengenalnya.

Demikianlah, trik-trik membuat konten marketing di media blog. Dengan menerapkan trik-trik ini membuat konten marketing lebih persuasif, sehingga memperbesar peluang orang membeli produk yang kita tawarkan. Selamat menulis konten marketing...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Screenshot dari https://blog.tokopedia.com/2016/11/restoran-all-you-can-eat/
2. http://cdn.wccftech.com/wp-content/uploads/2016/01/Samsung-Exynos3-635x543.png

Related Posts : aurat , blog , chipset , grafis , info , infografis , konsumen , konten , manfaatkan , marketing , media , muslimah , pakaian renang , produk , rahadian , renang , tawarkan , testimoni , trik , tulisan

Sebulan Terakhir