Cleverbot, Situs Mengobrol dengan Komputer

Leave a Comment!
Sedang merasa galau, merasa bosan, merasa sendiri, merasa kesepian, ataupun membutuhkan teman mengobrol ataupun untuk curhat? Bila ya, cobalah mengunjungi situs Cleverbot (cleverbot.com). Di situs buatan Rollo Carpenter ini, kita dapat mengobrol hal apapun dengan bot (robot software yang diprogram khusus). Caranya yaitu dengan mengetikkan perkataan kita, dalam bahasa inggris, ke dalam kotak dialog. Bot akan merespon setiap perkataan yang kita ketik.

Menariknya, perkataan yang dikeluarkan bot begitu logis dan masuk akal sehingga membuat kita seolah-olah berbicara dengan seorang manusia. Bahkan, bila kita mengetikkan beberapa kata berbahasa Indonesia, bot akan meresponnya dalam Bahasa Indonesia juga. Akan tetapi, terkadang bot mengeluarkan perkataan yang tak terlalu logis dengan perkataan yang kita ketikan. Bila perkataan yang kita ketikan cenderung sulit dimengerti bot, bot memerlukan waktu yang lebih lama untuk berpikir.


Gambar 1. Situs Cleverbot. Mengobrol dengan Komputer

Lalu, mengapa bot mampu melakukan hal demikian? Bot menggunakan program Artificial Intelegency (kecerdasan buatan) untuk mempelajari setiap perkataan yang diketikkan pengguna. Semakin banyak perkataan yang masuk ke dalam sistem bot, semakin memperkaya pengetahuan bot. Karena pengetahuan bot semakin kaya, bot akan semakin cerdas.

Akan tetapi, karena bot pada dasarnya merupakan sistem yang tak bernyawa, bisa saja bot mengeluarkan perkataan yang tak pantas ataupun bisa saja menyinggung pengguna. Rollo Carpenter tak bertanggung jawab bila bot mengeluarkan perkataan yang tak pantas. Ataupun, yang menyinggung perasaan kita. Hal ini dituliskan pada bagian bawah situs web. Selain itu, sangat disarankan juga agar Cleverbot tak digunakan anak-anak. Sebabnya, bisa saja bot mengeluarkan perkataan yang kurang pantas dilihat anak-anak. Agar anak tak menggunakan Cleverbot, kita sebaiknya tak memperkenalkan Cleverbot kepada anak.

Karena Cleverbot termasuk situs berjenis komersial, biasanya terdapat beberapa iklan pada situs Cleverbot seperti situs-situs komersial pada umumnya. Iklan diletakkan pada bagian samping dan atas kotak dialog. Kehadiran iklan pada posisi tersebut bisa saja mengganggu keasyikan kita mengobrol dengan bot.

Nah, selain Cleverbot, terdapat juga situs lainnya yang sejenis. Salah satunya yaitu situs Personalityforge (personalityforge.com). Pada situs ini, kita dapat memilih bot dengan tema obrolan tertentu. Mulai dari obrolan yang santai hingga yang serius. Bahkan, ada juga bot dengan tema obrolan dewasa.


Gambar 2. Beberapa Pilihan Bot dalam Situs Personality Forge (personalityforge.com)

Kesimpulannya, situs Cleverbot menawarkan keunikan dan juga keasyikan tersendiri. Dan juga, meskipun terkadang perkataan komputer terkesan kasar, situs ini memberikan hiburan tersendiri. Karenanya, tak ada salahnya menjadikan situs ini sebagai salah satu situs yang rutin kita kunjungi. Terlebih, saat sedang merasa galau, merasa jenuh, merasa sendiri, kesepian, ataupun sedang membutuhkan teman mengobrol ataupun untuk curhat. Nah, ingin mengunjungi situs Cleverbot? Bila ya, selamat mengobrol dengan komputer.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi

Related Posts : anak , bot , carpenter , cleverbot , curhat , galau , iklan , keasyikan , kesepian , ketikan , komputer , mengetikkan , merespon , obrolan , pantas , perkataan , personalityforge , rahadian , rollo , situs

Sebulan Terakhir