Trik Merapikan Konten Blog Agar Lebih Nyaman Disimak Pembaca

Leave a Comment!
Pada media blog, kita dapat membuat posting tulisan apapun. Nah, sebelum mem-posting tulisan blog karya kita, ada baiknya merapikannya terlebih dahulu. Dengan merapikannya terlebih dahulu, pembaca akan lebih nyaman menyimak tulisan blog. Pembaca pun akan lebih mudah mencernanya. Lalu, bagaimana merapikannya? Nah, agar konten tulisan blog menjadi rapih, kita dapat menerapkan trik berikut sebelum mem-postingnya.

Jumlah Kalimat Dalam Satu Paragraf Sebaiknya Tak Terlalu Banyak
Konten tulisan blog, secara mendasar, merupakan tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf. Nah, agar pembaca lebih nyaman menyimak tulisan blog, sebaiknya tak terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf. Sebabnya, bila terlalu banyak kalimat dalam satu paragraf, cenderung memunculkan kesan padat dan rumit. Bila kesan tersebut muncul, pembaca cenderung kurang nyaman menyimak tulisan. Bila pembaca kurang nyaman menyimak tulisan, tak tertutup kemungkinan pembaca akan lebih cepat meninggalkan tulisan.

Berikut contoh perbandingan paragraf yang terdiri dari banyak kalimat dengan paragraf yang terdiri dari sedikit kalimat. Paragraf yang hanya terdiri dari beberapa kalimat lebih mudah disimak dan dicerna pembaca.


Gambar 1. Perbandingan Paragraf yang Terdiri Dari Banyak Kalimat Dengan Paragraf yang Terdiri Dari Sedikit Kalimat.

Cermati Kembali Tulisan. Lalu, Hilangkan Kata-Kata yang Sebenarnya Tak Dibutuhkan
Secara teoritis, bila terdapat kata-kata yang sebenarnya tak dibutuhkan hadir dalam tulisan, tulisan cenderung menjadi terjal. Bila tulisan terjal, tak tertutup kemungkinan menyulitkan pembaca mengikuti tulisan. Untuk menghilangkan kata-kata tersebut, cermati kembali tulisan. Lalu, hilangkan kata-kata yang sebenarnya tak dibutuhkan.

Berikut contoh kalimat dengan kata-kata yang sebenarnya tak dibutuhkan.
  1. GPS yaitu fitur standar yang sedianya selalu disematkan pada perangkat smartphone.
  2. Meskipun sirkuit dalam kondisi yang basah, balapan tetap berlangsung.
  3. Bagi sebagian besar orang, menulis menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.
  4. Kita mesti berhati-hati pada saat mengendarai sepeda motor.

Masing-masing kalimat tersebut dapat kita perbaiki menjadi,
  1. GPS yaitu fitur standar perangkat smartphone (Kata yang sedianya selalu disematkan pada sebenarnya tak dibutuhkan)
  2. Meskipun sirkuit basah, balapan tetap berlangsung (Kata dalam kondisi yang sebenarnya tak dibutuhkan)
  3. Bagi sebagian besar orang, menulis menjadi hal yang sulit. (Kata untuk dilakukan sebenarnya tak dibutuhkan)
  4. Kita mesti berhati-hati pada saat mengendarai sepeda motor. (Kata pada sebenarnya tak dibutuhkan)

Kalimat pun Sebaiknya Tak Terlalu Panjang
Kalimat merupakan bagian tulisan. Lalu, agar tulisan blog lebih nyaman disimak pembaca, bagaimana kita sebaiknya menulis kalimat? Tulislah kalimat yang tak terlalu panjang. Sebabnya, bila kalimat terlalu panjang, cenderung menyulitkan pembaca mencernanya.Nah, bagaimana bila terdapat banyak kalimat panjang dalam tulisan kita? Pecahlah menjadi beberapa kalimat. Berikut beberapa contoh kalimat panjang. Masing-masing kalimat berikut dapat kita perbaiki, agar lebih mudah dicerna pembaca.

Contoh kalimat yang panjang.
  • Agus, pekerja berusia 24 tahun salah satu perusahaan pembangunan infrastruktur, ditemukan tewas setelah mengalami kecelakaan kerja yaitu terjatuh dari ketinggian setinggi 25 meter.

Kalimat panjang tersebut dapat kita perbaiki agar tak terlalu panjang. Kalimat menjadi,
  • Agus, pekerja salah satu pekerja perusahaan infrastruktur, ditemukan tewas karena kecelakaan kerja. Pria berusia 24 tahun tersebut terjatuh dari ketinggian 25 meter.

Batasi Jumlah Gambar dalam Tulisan
Agar konten tulisan blog semakin menarik dan komunikatif, kita dapat menyisipkan beberapa gambar yang berkaitan dengan tulisan yang kita buat. Akan tetapi, tak lantas memasukkan gambar sebanyak-banyaknya. Sebabnya, bila terlalu banyak gambar, tulisan cenderung kurang menarik dan membosankan. Selain itu, pembaca pun cenderung lebih senang menyimak gambar daripada menyimak tulisan. Sisipkan gambar seperlunya saja.

Demikian, trik-trik merapikan konten tulisan blog. Kesimpulannya, merapikan konten tulisan blog sesungguhnya menjadi hal yang tak dapat kita abaikan. Untuk merapikannya, kita dapat menerapkan trik-trik yang sudah dijelaskan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
Munter, Mary. 1999. Guide to Managerial Communication(5th Edition). London: Prentice Hall.

Sumber Gambar:
Gambar Milik Pribadi

Related Posts : blog , disematkan , fitur , gambar , kalimat , kata , konten , mem-posting , mencerna , merapikan , nyaman , panjang , paragraf , pembaca , perbaiki , rahadian , sepeda motor , smartphone , trik , tulisan

Sebulan Terakhir