Mengatasi Jaringan Wifi Lemot & Cara Mengamankan

Leave a Comment!
Sudah terbit di: https://steemit.com/internet/@puncakbukit/mengatasi-jaringan-wifi-lemot-and-cara-mengamankan

Jaringan internet sangat dibutuhkan pada zaman sekarang. Semua gadget bisa menjalankan tugasnya apabila ada koneksi internet. Memang banyak provider yang menjual paket internet dengan harga murah, namun tak sedikit juga yang lebih memilih wifi sebagai alternatif untuk kebutuhan menjelajah di dunia maya. Wifi dipasang di kantor, rumah-rumah, sekolah, pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memasang wifi karena satu jaringan bisa untuk beberapa komputer atau laptop atau gadget. Kalau dilihat dari sisi ekonomis tentu lebih terjangkau. Wifi juga memiliki kecepatan yang berbeda-beda sesuai dengan biaya yang dibebankan. Semakin tinggi harganya, semakin besar pula kapasitas dan kecepatannya.

Namun sering kali pada saat asyik menjelajah dunia maya, jaringan internet bergerak sangat lamban. Hal ini tentunya membuat jengkel, apalagi jika sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Berikut beberapa hal yang bisa anda periksa saat jaringan internet lemot.

Image result for wifi png
Gambar 1. Logo Wifi

  1. Memeriksa Antena
    Coba anda amati antena modem yang dipasang untuk menangkap sinyal wifi, biasanya berjumlah ada dua dan fungsinya untuk memperkuat sinyal yang kemudian disebarkan ke setiap alat gadget. Pastikan kedua antena ini menghadap pada arah yang berbeda. Misalnya antena kiri menghadap selatan, antena kanan ke atas. Hal ini akan membantu penyebaran sinyal wifi.

  2. Letak Router
    Posisi meletakkan router juga sangat berpengaruh untuk kecepatan jaringan internet. Usahakan meletakkan modem pada tempat terbuka agar sinyal bisa menyebar dan lebih kuat. Jangan sekali-kali meletakkannya di tanah, karena arah sinyal akan justru menuju ke bawah sehingga akan sia-sia.

  3. Terlalu Banyak Gadget
    Mungkin hal ini menjadi salah satu pemicu wifi anda lemot. Coba periksa apakah terlalu banyak orang yang menggunakan fasilitas wifi. Untuk wifi rumahan biasanya digunakan untuk 5-8 komputer atau gadget. Jika lebih dari 8 alat elektronik, bisa dipastikan wifi akan berjalan lambat.

  4. Koneksi lemah
    Seringkali hal ini akan terjadi apabila cuaca buruk, seperti saat dan setelah hujan reda. Tunggu hingga 2 jam lalu restart modem. Hal ini akan membantu jaringan internet fresh koneksi. Akan tetapi jika hal ini sudah anda lakukan, tapi wifi tetap lemot, anda bisa menghubungi kantor penyedia layanan wifi.

  5. Firmware lawas
    Mengupdate firmware router menjadi versi yang paling baru membawa pengaruh untuk kecepatan jaringan internet. Caranya cukup mudah, yaitu:
    1. Pasang router pada komputer
    2. Ketikkan 192.168.1.1 pada alamat web lalu masukkan password anda
    3. Cek dan pastikan bahwa firmware dan hardware anda versi terbaru, jika belum anda harus mendownload firmware teranyar.
    4. Setelah selesai mendownload, masuk ke maintenance – system tools – firmware
    5. Klik browse untuk mencari file yang sudah anda download tadi, selanjutnya klik update.
    6. Jangan mencabut komputer dan router sebelum selesai mengupdate, karena hal itu bisa merusak sistem yang sedang bekerja.
    7. Terakhir restart komputer, dan firmware sudah ada pada versi terbaru.

  6. Settingan komputer
    Bisa jadi Anda tidak sengaja merubah settingan jaringan wifi pada Gadget / computer. Cek pada settingan hardware dan pastikan pada posisi enable.

  7. Ada yang mencuri jaringan wifi
    Secara tidak sadar ternyata anda pernah memberi tahu tetangga tentang password wifi di rumah, sehingga mereka juga ikut menikmati fasilitas tersebut. Tapi bisa juga tetangga di sebelah rumah tahu bagaimana cara hack password wifi, sehingga dengan mudah membobol kunci jaringan internet anda.

Anda tidak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi pada wifi anda. Proteksi jaringan wifi dengan aplikasi seperti Netcut Defender, Hotspot Shield, Softperfect Wifi dan lain sebagainya. Ketiga aplikasi ini memang berbayar, namun akan sangat ampuh melindungi jaringan wifi anda dari pencurian. Sekalipun, tetangga Anda seorang hacker.

Oleh: Tyar
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber: https://www.shopback.co.id/blog/6-trik-mengatasi-koneksi-wifi-yang-lemot
Sumber gambar:https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

Related Posts : antena , firmware , gadget , internet , jaringan , kecepatan , komputer , koneksi , lemot , mendownload , mengupdate , modem , password , router , settingan , sinyal , tetangga , tyar , versi , wifi

Sebulan Terakhir