Home » cara » device » giovani malinda » gunakan » internet » jaringan » kabel » kode » koneksi » konfigurasi » lan » layar » pengaturan » perangkat » pilih » playstation » psn » restart » sistem » wi-fi » Cara Menghubungkan Jaringan ke Playstation 4 dan Mengatasi Beberapa Masalah Umum

Cara Menghubungkan Jaringan ke Playstation 4 dan Mengatasi Beberapa Masalah Umum

Leave a Comment!
Sudah terbit di: https://steemit.com/sisteminternet/@puncakbukit/cara-menghubungkan-jaringan-ke-playstation-4-dan-mengatasi-beberapa-masalah-umum

Playstation 4 adalah suatu device permainan yang cukup populer saat ini. Grafik yang lebih bagus dan detail yang lebih baik membuat banyak orang tertarik untuk membeli dan bermain dengan Playstation 4. Tetapi, bagi sebagian orang, mungkin agak asing menghubungkan jaringan internet ke device satu ini. Karena itulah, di bawah akan dijelaskan beberapa caranya.


Gambar 1. Jaringan internet dibutuhkan sebagai pelengkap perangkat Playstation 4

Program yang mengelola jaringan pada Playstation 4 maupun Playstation 3 disebut dengan Playstation Network (PSN). Untuk menyambungkan jaringan internet pada sistem PS4 adalah dengan menggunakan Wireless (Wi-Fi) atau kabel Ethernet (LAN). Langkah pertama yang harus dilakukan adalah:

  1. Pilih “Pengaturan” > “Jaringan” > “Siapkan Koneksi Internet”.
  2. Jika menggunakan WiFi, pilih “Gunakan Wi-Fi” > “Mudah”. Kemudian pilihlah jaringan Wi-Fi yang hendak digunakan dan jangan lupa untuk melakukan konfigurasi pengaturan. Tekan “Pilih” > “Siapkan Secara Manual” > konfigurasi pengaturan.
  3. Jika menggunakan kabel LAN, pilih “Gunakan kabel LAN” > “Mudah” > ikuti petunjuk di layar, dan pengaturan akan dilakukan secara otomatis dari device.

Tetapi, ada kalanya terdapat masalah yang muncul dalam menyambungkan internet ke Playstation 4, terutama setelah adanya gangguan global yang menyerang jaringan milik Sony. Namun kini, masalah tersebut sudah diatasi karena jaringan Playstation dan Xbox secara global sudah mulai membaik. Namun tidak dapat dipungkiri, mungkin ada di antara pengguna yang gagal masuk PSN dan koneksi internet tidak berjalan. Untuk mengetahui cara mengatasinya, maka kita harus melihat kode kesalahan yang muncul di layar, berikut dengan solusinya.

  • Kode CE-35239-2: Anda harus memperbaharui atau melakukan install ulang perangkat lunak yang terdapat di device, karena sistem membutuhkan perangkat terbaru, sama seperti komputer dengan sistem operasi Windows. Settings > System Software Update > Ikuti petunjuk untuk mengunduh versi terbaru.
  • Kode CE-34452-8: Data yang diunduh dapat mengalami crash, maka dari itu program menawarkan untuk mencegah masalah jadi semakin serius, yaitu dengan menghapus konten dari layar awal dan restart sistem.
  • Kode CE-33992-6: Koneksi internet tidak dapat terhubung karena adanya pemeliharaan PSN dan satu-satunya cara adalah dengan menunggunya sampai status berubah.
  • Kode NP-37668-0 : Artinya koneksi internet terlalu lemah, karena minimal koneksi yang dianjurkan adalah 2 Mbps atau lebih. Untuk itu, jaringan yang digunakan harus ditingkatkan lagi kecepatannya.

Selain kode-kode di atas, masalah PSN yang tidak terduga dapat diatasi dengan cara melakukan restart pada semua perangkat jaringan yang terhubung dengan Playstation, serta melakukan hal yang sama pada perangkat permainan tersebut. Modem atau router yang sudah dinyalakan kembali akan melakukan refresh terhadap jaringan yang terhubung. Dengan begitu, Anda hanya perlu melakukan pengaturan awal ulang untuk dapat menyambungkan jaringan internet pada Playstation 4.

Oleh: Giovani Malinda
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.insightmac.com/10-masalah-playstation-network-dan-cara-perbaikan/
2. http://manuals.playstation.net/document/id/ps4/settings/nw_settings.html

Referensi Gambar:
https://pixabay.com/en/ps4-playstation-playstation-4-2326616/

Related Posts : cara , device , giovani malinda , gunakan , internet , jaringan , kabel , kode , koneksi , konfigurasi , lan , layar , pengaturan , perangkat , pilih , playstation , psn , restart , sistem , wi-fi

Sebulan Terakhir