Keuntungan Menggunakan Jaringan Penelusuran Google untuk Media Promosi Handal

Leave a Comment!
Sudah terbit di: https://steemit.com/sisteminternet/@puncakbukit/keuntungan-menggunakan-jaringan-penelusuran-google-untuk-media-promosi-handal

Semua orang pasti sudah mengenal Google sebagai perusahaan teknologi internet yang sangat mendunia dan memiliki cakupan yang luas. Perusahaan tersebut telah berhasil mengubah masyarakat dunia untuk lebih peka terhadap jaringan internet dan menggunakannya untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan berbisnis. Mulai dari web browser, media sosial, hingga iklan AdWords merupakan fasilitas internet yang banyak digunakan untuk melakukan promosi bisnis.

Kini, Google sudah memiliki media promosi AdWords yang mungkin sudah familiar bagi sebagian pembisnis. Iklan AdWords akan muncul pada halaman browser pengguna apabila mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan promosi. Jaringan Penelusuran Google berisi sekumpulan situs atau aplikasi yang berkaitan dengan tempat iklan yang dapat ditampilkan. Iklan Anda akan ditampilkan di atas atau bawah hasil penelusuran ketika pengguna internet memasukkan istilah yang berkaitan.


Gambar 1. Iklan akan muncul di atas atau di bawah hasil penelusuran

Google memiliki suatu alat yang memberikan ide kata kunci untuk membantu promosi Anda pada Jaringan Penelusuran Google. Alat tersebut dinamakan Perencana Kata Kunci. Kata kunci atau istilah yang dipakai harus berhubungan dengan gambaran produk atau layanan bisnis Anda, yang dapat digandakan atau dibuat daftar baru untuk menggabungkan kata kunci Anda sehingga penelusuran menjadi lebih luas.

Setiap waktu berkala, Anda dapat melihat statistik frekuensi banyak orang yang telah menelusuri kata kunci yang Anda pilih dan masukkan dalam iklan AdWords. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis produk pakaian bayi, kata kunci “baju bayi murah” memiliki frekuensi paling besar karena orang-orang sering menggunakan kata-kata tersebut dalam penelusuran, maka promosi yang Anda lakukan memiliki kesempatan lebih besar untuk berhasil. Selain frekuensi kata kunci yang digunakan, Jaringan Penelusuran Google ini juga menyediakan statistik yang menampilkan hasil berapa banyak klik yang sudah didapatkan dari kata kunci yang Anda masukkan.


Gambar 2. Frekuensi klik atau kata kunci yang dapat diakses pada Google Adwords

Jaringan Google ini dibagi menjadi Jaringan Penelusuran dan Display Network. Jaringan Penelusuran adalah laman situs utama Google, misalnya dalam penelusuran web, maps, atau belanja. Sementara Display Network adalah situs mitra Google seperti laman pada YouTube, Blogger, atau Gmail. Iklan AdWords akan ditampilkan bukan pada situs utama Google. Melalui statistik yang dapat Anda akses, dapat diketahui jaringan mana yang paling menguntungkan bagi investasi promosi bisnis Anda.

Kelebihan lain dari menggunakan Jaringan Penelusuran Google ini adalah, Anda dapat menentukan anggaran sendiri, meskipun tidak banyak. Anda dapat menyesuaikan dengan berapa anggaran iklan yang dimiliki keuangan bisnis Anda. Tidak hanya itu, karena iklan AdWords Google ini tidak menggunakan kontrak, Anda dapat mengakhiri kapan saja tanpa biaya pembatalan atau sanksi lain.

Itulah tadi penjelasan mengenai keuntungan menggunakan Jaringan Penelusuran Google yang tidak boleh dilewatkan oleh para pembisnis online yang sedang sangat marak.

Oleh: Giovani Malinda
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://support.google.com/adwords/answer/1752334?hl=id

Referensi Gambar:
https://pixabay.com/en/ads-advertisement-website-layout-1663031/
https://pixabay.com/en/graph-diagram-growth-written-report-3033203/

Related Posts : adwords , bisnis , browser , display , frekuensi , giovani malinda , google , iklan , internet , jaringan , kata kunci , laman , network , pembisnis , penelusuran , pengguna , promosi , situs , statistik , web

Sebulan Terakhir